Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Mengetahui tentang Rasio dan Presentase

Oleh   /   Minggu 5 Agustus 2018  /   Tidak ada komentar

Rasio adalah memperbandingkan suatu hal dengan hal lainnya sehingga dapat menunjukkan hubungan atau korelasi. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengetahui berapa persen pendapatan bersih dari keseluruhan penjualan, Anda hanya perlu membagi nilai laba bersih (sebagai penyebut) dengan nilai penjualan.

keuanganLSM

Mengetahui tentang Rasio dan Presentase

Rasio adalah memperbandingkan suatu hal dengan hal lainnya sehingga dapat menunjukkan hubungan atau korelasi. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengetahui berapa persen pendapatan bersih dari keseluruhan penjualan, Anda hanya perlu membagi nilai laba bersih (sebagai penyebut) dengan nilai penjualan. Misalnya, jika penjualan adalah $700.000 dan laba bersih adalah $15.300, maka presentasenya adalah:

3-13-2015 3-55-55 PM

Penyebut (angka yang letaknya dibawah) tidak haarus lebih besar angkanya. Sebagai contoh, rasio aktiva terhadap penjualan: jika penjualan adalah $700.000 dan aktiva bernilai $397.000, maka aktiva dapat menghasilkan penjualan sebesar 1,8 kali dari nilai aktiva—sehingga dapat ddikatakan terjadi “perputaran” sebesar 1,8 kali.

3-13-2015 4-04-08 PM

Petunjuk: jika pembilang (angka diatas) lebih kecil daripada penyebut, maka hasil rasio akan berupa presentase.jika sebaliknya, pembilang (angka diatas) lebih besar daripada penyebut, maka hasilnya akan dinyatakan dalam “kali”.

Disarikan dari buku: Dasar-Dasar Analisis Keuangan, penulis: James O. Gill, Hal: 10.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Pengertian & Ruang Lingkup Akuntansi Publik

Selengkapnya →