Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Menghitung Laba Rugi Tanpa Akuntan

Oleh   /   Kamis 10 Juli 2014  /   1 Komentar

Dengan adanya laba rugi awal ini, lebih mudah bagi akuntan untuk melakukan audit dan membuat penyesuaian yang diperlukan agar laporan keuangan ini siap untuk disajikan ke pihak eksternal.

KeuanganLSM

Menghitung Laba Rugi Tanpa Akuntan

Dalam buku ini, penulis akan menyajikan satu kasus komprehensif sehingga pengelola usaha (yang tidak berlatar belakang akuntansi pun) akan dapat menghitung laba rugi usaha yang mereka kelola. Dalam buku ini, tidak akan ada jurnal ataupun debet kredit. Jadi, orang awam pun dapat menghitung laba rugi, yang penting sumber datanya ada dan lengkap.

Jika orang awam bisa membuat laba rugi, berarti pengelola usaha tidak lagi membutuhkan akuntan? Ya dan tidak! Dengan mengetahui cara menghitung laba rugi, maka perusahaan dapat menghitung laba rugi per bulan, dan tidak perlu tergantung pada konsultan untuk mengetahui laba rugi usaha.

Sekalipun demikian, karena penyusunan laporan laba rugi ini tidak didasari dengan konsep akuntansi, maka bisa jadi ada beberapa hal yang tidak akan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Lha, ini berarti laporan laba ruginya salah. Mungkin laba ruginya tidak akan 100% benar, tetapi sejauh pengamatan penulis, kesalahan ini tidak akan material karena apa yang tidak tercakup dalam buku ini adalah beban-beban akrual (yang nilainya tidak material dalam usaha kecil dan yang akan terkoreksi sendiri dengan berjalannya waktu).

Tujuan utama penulis membagikan cara menghitung laba rugi bagi orang awam adalah agar laba rugi usaha dapat dihitung per bulan dan dapat dipakai untuk keputusan internal pengelola usaha. Akuntan masih diperlukan perusahaan jika laporan laba rugi ini akan dipakai untuk kepentingan pihak eskternal (misalnya bank). Dengan adanya laba rugi awal ini, lebih mudah bagi akuntan untuk melakukan audit dan membuat penyesuaian yang diperlukan agar laporan keuangan ini siap untuk disajikan ke pihak eksternal.

Disarikan dari buku: Dari Catatan Keuangan Menjadi Laporan Laba Rugi, Penulis: Lilis Setiawati, Hal: 7-8.

 

    Cetak       Email

1 Comment

  1. Ahmad berkata:

    Assalamu alaikum…. mau minta tolong di bantu,, bagmana carax menghitung laba, jika kita tdk mencatat barang yang terjual. misalanya uang yng terkumpul di laci toko 1jt. dari 1 jt tsb,, berapa untung berapa modal..? mkasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Membuat SDM Dihargai

Selengkapnya →