Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Menuju Transportasi yang Manusiawi

Oleh   /   Senin 10 Januari 2011  /   Tidak ada komentar

Wacana, jurnal triwulan yang muncul dengan tujuan untuk menampung berbagai gagasan alternatif. Jurnal yang didedikasikan bagi transformasi sosial sekaligus penguatan masyarakat sipil.

keuangan LSM

Menuju Transportasi yang Manusiawi

Jurnal Wacana: Edisi 22, Tahun VI 2005
Penerbit: INSISTPress, 2005

Masalah transportasi sering kali hanya dipandang dan dibahas serta teknis (bagaimana membangun jembatan, rel kereta, jalan tol, mengapa mengutamakan kendaraan bermotor dan bukan kendaraan tidak bermotor, dll.) serta ekonomis (berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun itu semua).

Hingga kini, pertimbangan dimensi sosial dan politis dunia transportasi selalu dikalahkan oleh manjurnya pertimbangan teknis dan keuntungan ekonomis sesaat. Selain menjadi pendukung kepentingan yang tidak jauh dari kepentingan kolonial, transportasi Indonesia semakin kehilangan sisi kemanusiaannya.

Wacana, jurnal triwulan yang muncul dengan tujuan untuk menampung berbagai gagasan alternatif. Jurnal yang didedikasikan bagi transformasi sosial sekaligus penguatan masyarakat sipil ini berkeinginan untuk mendorong lahirnya tata masyarakat yang berkeadilan sosial dan demokratis. Agar memiliki relevansi dan danpak langsung bagi transformasi masyarakat, tema dalam setiap edisi mengutamakan isu-isu aktual serta memberi ruang bagi lahirnya teori baru. Lewat Wacana, selain gagasan alternatif, masyarakat juga akan didorong untuk memiliki keberpihakan pada kaum marjinal guna terwujudnya nilai-nilai keadilan sosial. Dengan dukungan dari berbagai kalangan, Wacana hendak berdiri sebagai elemen kritis masyarakat sipil dalam menyikapi berbagai isu maupun peristiwa yang berlangsung.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →