Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita  >  Artikel saat ini

Microsoft Bantu UMKM Melek Teknologi

Oleh   /   Jumat 4 Oktober 2013  /   Tidak ada komentar

Microsoft mendukung program kerja Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dalam pengembangan UKM di Indonesia dengan memberi pelatihan teknologi terbaru kepada pelaku usaha tersebut.

keuanganLSM

Microsoft Bantu UMKM Melek Teknologi

Sumber: Depkop, Rabu, 11 September 2013.

Microsoft mendukung program kerja Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dalam pengembangan UKM di Indonesia dengan memberi pelatihan teknologi terbaru kepada pelaku usaha tersebut.

Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan memberikan penghargaan terhadap Microsoft yang telah mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan dan membantu para pelaku UKM dalam negeri.

“Kami menyambut baik komitmen Microsoft untuk mendukung pengembangan UKM di Indonesia. Peluang ini harus dimanfaatkan seluas-luasnya bagi para pelaku UKM dengan mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan TI sehingga usaha mereka bisa berkembang baik dengan dukungan teknologi yang maju,” kata Menkop di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Menkop berharap pelatihan untuk memberdayakan teknologi itu mampu meningkatkan kinerja dan kualitas UKM sehingga dapat meningkatkan daya saing UKM Indonesia di pasar global, khususnya dalam upaya menghadapi pasar bebas.

Sementara, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro di Nusa Dua, Bali, menyatakan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah hal yang paling penting agar Indonesia dapat berkompetisi dengan negara lain, dan bisa masuk ke dalam 12 besar negara dengan ekonomi terbaik di dunia pada 2025,” kata.

Dukungan Microsoft berupa pelatihan teknologi bagi pelaku UKM tersebut diberikan dalam rangkaian acara “APEC SME Ministerial Meetings” yang berlangsung 2 hingga 7 September 2013. Microsoft memberikan pelatihan teknologi terbaru yaitu Microsoft Office365 dan Microsoft Windows Azure.

“Kami memiliki visi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan perekonomian yang berbasis pengetahuan melalui transformasi pendidikan, kewirausahaan, serta mendorong transparansi dan tata kelola pemerintahan yang baik,” ujar Andreas.

Transformasi ekonomi itu, menurut dia, dapat dilakukan melalui pemberdayaan teknologi “Komputasi Awan” (Cloud) pada segmen ekonomi kecil dan menengah, seperti koperasi dan UKM.

Selanjutnya, dia mengatakan, Microsoft mendukung pengembangan UKM di Indonesia dengan memberikan pelatihan teknologi kepada 160 pelaku UKM per hari dalam acara “APEC Small and Medium Enterprises (SME) Exhibition” selama empat hari.

Ia menjelaskan materi pelatihan teknologi yang diberikan, antara lain tentang penggunaan Office365, Windows Azure, Windows8, Office2013, OneNote, WincowsPhone8 dalam kegiatan UKM.

“Dua teknologi terbaru dari Microsoft, yaitu Office365 dan Windows Azure yang berbasis komputasi awan sangat sesuai untuk digunakan UKM di Indonesia, terutama bagi UKM yang belum mempunyai infrastruktur teknologi informasi,” katanya.

Andreas menambahkan Office365 dan Windows Azure memang merupakan software yang penggunaannya ditujukan bagi keluarga, kalangan pebisnis dan usaha kecil menengah.

Hal itu, kata dia, karena software tersebut disertai dengan beberapa layanan tambahan berbasis “online”, termasuk media penyimpanan data online dengan sistem “cloud”.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa kerjasama yang dijalin antara Microsoft dan pemerintah sudah berlangsung selama dua tahun dengan tujuan mendemokratisasi UKM Indonesia agar para pelaku UKM Tanah Air menjadi “locally connected and globally competitive” atau terkoneksi secara lokal dan kompetitif secara global.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Perlu Serap Digital

Selengkapnya →