Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Profil Anggota  >  Artikel saat ini

Muhammad Islahuddin

Oleh   /   Jumat 12 September 2014  /   Tidak ada komentar

keuangan LSM

Muhammad Islahuddin

Pria yang bernama lengkap Muhammad Islahuddin, kerap dipanggil nama oleh teman-temannya bernama Islah, Islah bekerja di sebuah lembaga Asosiasi Pendamping Independen Jawa Timur. Islah aktif dalam dunia pemberdayaan sejak tahun 1997 s/d sekarang. Jabatan Islahuddin sekarang sebagai Ketua.

Asosiasi Pendamping Independen – Jawa Timur adalah adalah kumpulan terbatas yang lahir dari sekelompok orang yang mengamati proses proses pemberdayaan masyarakat sejak tahun 1997 yang dilakukan oleh lembaga, baik yang berbentuk LSM, KSM maupun aliansi masyarakat, di mana kader tersebut masuk diberbagai bentuk, baik sebagai pendiri lembaga dengan, isu lingkungan, isu ekonomi kerakyatan, sebagai pendamping masyarakat, sebagai pengelola program, sebagai pendamping lembaga ditingkat LSM maupun LPM dan terakhir secara personal dan membentuk Tim kecil bekerja sama dengan PKM sebagai Tim Mitra Kerja Teknis PKM wilayah Jawa Timur dalam melakukan Appraisal, Monitoring & Evaluasi, Audit dan bekerj asama dengan UNDP melalui Program UNV untuk melakukan Tehnical Asisten untuk mitra PKM se Jawa Timur : 138 LSM, 14 KSM dan 2 Aliansi (AMSIKAM di Mojokerto terdiri dari 14 KSM dan 19 KSM di Bondowoso).

Di mana  pada tahun 2004 atau tahun ke VII dari rintisannya, belajar dari pengalaman dan refleksi serta evaluasi dalam proses pemberdayaan dimana mempunyai sebuah keyakinan, bahwa krisis multi dimensi (pendapatan perkapita, pendidikan, Lapangan kerja, Kesehatan dan Hukum) terjadi disebabkan Pemiskinan atau proses kemiskinan struktural disisi lain karena karekter bangsa kita yang tidak baik dibentuk sejak 32 tahun yang lalu, melahirkan budaya yang tidak baik bahkan sudah terstruktur “karakter melahirkan kultur, dan kultur yang sudah terstruktur”. Dengan kata lain “Jati diri bangsa kita hilang dari kehidupan.

Melihat kenyataan tersebut bersepakat untuk memformalkan organisasi menjadi organisasi sosial terdiri dari perkumpulan terbatas dengan nama Assosiasi Pendamping Independen (API) pada tanggal 14 Agustus 2004 di Jember dengan semangat belajar mencari jati diri sehingga menemukan jati diri bangsa Indonesia, belajar berorganisasi, serta belajar menjadi bagian organisasi masyarakat Indonesia, dengan semangat semangat pembelajaran, pengabdian dan pengembangan mampu untuk dan dalam membentuk karakter bangsa Indonesia.

Sehari-hari Muhammad Islahuddin dapat dihubungi melalui akun email: apijatim731@gmail.com.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Maria Karolina

Selengkapnya →