Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Objek Pajak Pengertian

Oleh   /   Rabu 4 November 2015  /   Tidak ada komentar

Jadi, subjek pajak yang sama (yayasan) dengan 2 jenis pendapatan (sumbangan-hibah dan keuntungan unit usaha) hanya akan menghitung dan membayar pajak atas objek pajak.

Objek Pajak Pengertian

Objek Pajak Pengertian

Objek pajak adalah suatu transaksi (biasanya sumber pendapatan) yang menurut peraturan perpajakan tergolong sebagai transaksi yang harus dikenai pajak. Pendapatan dari suatu yayasan yang berasal dari sumbangan dan hibah bukan merupakan objek pajak. Jadi bisa dipastikan kalau suatu yayasan sepanjang tahun tidak menerima pendapatan jenis lain.

Maka ia tidak perlu membayar pajak. Jika yayasan memiliki unit usaha berupa toko serba ada dan dari usaha ini diperoleh keuntungan maka pendapatan yayasan dari keuntungan unit usaha ini akan dikenai pajak. Karena dalam peraturan pajak disebutkan bahwa sumbangan dan donasi bukan objek pajak, sedangkan keuntungan adalah objek pajak.

Jadi, subjek pajak yang sama (yayasan) dengan 2 jenis pendapatan (sumbangan hibah dan keuntungan unit usaha) hanya akan menghitung dan membayar pajak atas objek pajak berupa pendapatan non sumbangan atau hibah.

Subjek pajak tidak selalu membayar pajak ketika objek pajak tidak menunjukkan adanya pajak terhutang. Subjek pajak wajib membayar ketika ia memiliki objek pajak.

Disarikan dari buku: Petunjuk Kewajiban Pajak Lembaga Nirlaba (Objek Pajak Pengertian), Penulis: Pahala Nainggolan, Hal: 2.
    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM agar Manfaatkan Teknologi

Selengkapnya →