Memuat...
Anda di sini:  Beranda  >  Artikel Terbaru  >  Artikel (di bawah) ini

Fungsi Manajemen Keuangan bagi Organisasi

Oleh   /   Rabu 18 Desember 2013  /   3 Tanggapan

Apapun bidang bisnis yang ditekuni, sangat penting untuk memahami peranan manajemen keuangan dalam kegiatan operasi perusahaan. Pada perusahaan besar, operasi keuangan yang dipimpin oleh kepala keuangan dibagi menjadi dua, yang masing-masing dikepalai oleh bendahara dan kontroler.

keuangan LSM

memahami peranan manajemen keuangan

Apapun bidang bisnis yang ditekuni, sangat penting untuk memahami peranan manajemen keuangan dalam kegiatan operasi perusahaan. Gambar 1-1 menunjukkan struktur organisasi pada perusahaan manufaktur yang menekankan pada fungsi keuangannya. Kepala keuangan, sebagai kepala dari tiga fungsi utama perusahaan, melapor langsung kepada Presiden atau wakil presiden.Pada perusahaan besar, operasi keuangan yang dipimpin oleh kepala keuangan dibagi menjadi dua cabang, yang masing-masing dikepalai oleh bendahara dan kontroler. Tanggung jawab kontroler pada umumnya berhubungan dengan akuntansi. Untuk kepentingan internal dilakukan perhitungan akuntansi biaya, anggaran dan peramalan. Sedangkan untuk pihak eksternal, laporan dibuat untuk kepentingan perhitungan pajak, Bursa efek dan sekuritas serta para pemegang saham.

Struktur yang ada dapat memberikan kesan adanya perbedaan dan pembagian tanggung jawab yang jelas antara kontroler dan bendahara.

Gambar 1.1

Bagan Organisasi Manajemen Keuangan

Organisasi dari Fungsi Manajemen Keuangan 1 copy

Bendahara terutama bertanggung jawab pada bidang-bidang yang berhubungan dengan manajemen keuangan, seperti investasi (anggaran modal, pengelolaan dana pensiun), pendanaan (hubungan dengan bank komersial dan bank investasi, penanam modal, serta pembagian dividen) serta manajemen aktiva (manajemen kas dan kredit). Struktur yang ada dapat memberikan kesan adanya perbedaan dan pembagian tanggung jawab yang jelas antara kontroler dan bendahara. Namun dalam perusahaan yang berfungsi dengan baik, informasi akan mengalir dengan lancar diantara kedua pembagian bidang tersebut. Dalam perusahaan kecil, fungsi bendahara dan kontroler dapat dikombinasikan menjadi satu posisi yang berakibat pada kegiatan yang saling tumpah tindih.

Disarikan dari buku: Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, penulis: James C. Van Horne, halaman: 6-7.

    Cetak       Email

3 Tanggapan

  1. octavia mengatakan:

    slmat sre pak bhisma,.. maaf saya mau tanya tentang LSM bisa ga?
    yang sya tnyakan bgaimna prktik akuntansi di LSM?

  2. kifli09 mengatakan:

    sangat bagus artikelnya, sangat membantu

  3. Ezaura M. Correia Vidal mengatakan:

    saya ingin mengetahui tentang management keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anda Mau Membaca Ini, Mungkin?

KeuanganLSM

Imbalan Pascakerja: Perbedaan antara Program Iuran Pasti dan Program Imbalan Pasti

Lanjutkan membaca →