Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Artikel saat ini

Panduan Praktis Menyusun SOP (Standard Operating Procedure)

Oleh   /   Selasa 18 Maret 2014  /   1 Komentar

Buku ini sejauh mungkin disusun secara sistematis, sedemikian rupa sehingga merupakan panduan praktis yang mudah dimengerti serta mudah diaplikasikan. Apalagi juga dilengkapi dengan contoh-contoh form dokumen SOP itu sendiri serta form-form pendukung yang terkait dengan aplikasi SOP.

KeuanganLSM

Panduan Praktis Menyusun SOP (Standard Operating Procedure)

Penulis: IR. M. Budiharjo
Penerbit: Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup)

Banyak perusahaan skala besar, skala menengah, apalagi skala kecil, yang dalam kesehariannya belum menerapkan perangkat SOP (Standard Operating Procedure) dalam menjalankan operasional perusahaannya. Bahkan, tidak sedikit di antaranya justru sama sekali belum mengenal apa itu SOP. Padahal, dengan penerapan SOP, jalannya operasional perusahaan akan jauh lebih efisien, baik dari segi waktu, proses, tenaga, maupun biaya operasional.

Lebih jauh lagi, dengan semakin sengitnya persaingan usaha dewasa ini, setiap perusahaan akan berupaya untuk bekerja secara lebih terukur, baik dari segi proses kerjanya, alur kerjanya, maupun metode kerja yang dipergunakannya; demi upaya peningkatan pelayanan kepada setiap pelanggannya. Salah satu upaya yang sangat diunggulkan dalam peningkatan pelayanan pelanggan itu adalah penerapan SOP (Standard Operating Procedure) pada setiap unit kerja dari perusahaan termaksud.

Buku ini sejauh mungkin disusun secara sistematis, sedemikian rupa sehingga merupakan panduan praktis yang mudah dimengerti serta mudah diaplikasikan. Apalagi juga dilengkapi dengan contoh-contoh form dokumen SOP itu sendiri serta form-form pendukung yang terkait dengan aplikasi SOP. Lebih dahsyat lagi, contoh-contoh form tersebut, dikemas dalam Compact Disc (CD) sehingga dimungkinkan bagi setiap pembaca untuk langsung praktik membuat dokumen SOP, hanya dengan melakukan “copy-paste” serta sedikit modifikasi sesuai kebutuhannya.

Demikianlah semoga buku ini bermanfaat bagi setiap perusahaan, yang walaupun dalam kondisi persaingan usaha yang sedemikian ketat dewasa ini, setidaknya mampu tetap eksis. Bahkan, dengan bersenjatakan SOP, justru akan semakin terus berkembang dengan amat pesatnya. Dengan SOP, semua bisa! Sukses bersama SOP.

    Cetak       Email

1 Comment

  1. Dwi Artika berkata:

    buku ini apa ada di gramedia atau toko buku lainnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →