Memuat...
Anda di sini:  Beranda  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel (di bawah) ini

Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual (Accrual Basis)

Oleh   /   Senin 4 Februari 2013  /   5 Tanggapan

Basis Akrual adalah “penyandingan pendapatan dan biaya pada periode di saat terjadinya”, bukan pencatatan pada saat pendapatan tersebut diterima ataupun biaya tersebut dibayarkan (Cash Basis).

keuangan LSM

Penyandingan pendapatan dan biaya pada periode di saat terjadinya

Apa sih Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual (Accrual Basis) itu ?

Basis Akrual adalah “penyandingan pendapatan dan biaya pada periode di saat terjadinya”, bukan pencatatan pada saat pendapatan tersebut diterima ataupun biaya tersebut dibayarkan (Cash Basis).

Ada dua metode pencatatan akuntansi, berbasis kas dan berbasis akrual. Akuntansi berbasis kas berarti hanya mencatat transaksi pada saat terjadinya transaksi kas.
Akuntansi berbasis akrual selain mencatata transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, juga mencatat jumlah hutang dan piutang organisasi. Oleh karena itu, akuntansi berbasis akrual memberikan gambaran yang lebih akurat atas kondisi keuangan organisasi daripada akuntansi berbasis kas. Namun, jelas bahwa catatan menggunakan basis akrual lebih kompleks daripada basis kas.

Lebih jauh lagi, basis akrual mendukung penggunaan anggaran sebagai teknik pengendalian. Karena pada basis kas, pembayaran hanya direkam jika hal itu telah dilakukan, sementara pembayaran kewajiban dapat dilakukan dengan jarak waktu tertentu setelah timbulnya kewajiban itu sendiri. Untuk alasan penganggaran, organisasi dapat lebih baik menggunakan akuntansi berbasis akrual.

Untuk mengadopsi akuntansi basis akrual, organisasi akan memerlukan informasi seperti pendapatan atas investasi yang belum jatuh tempo. Organisasi juga akan memerlukan informasi mengenai kewajiban keuangan masa depan yang dapat diperkirakan jumlahnya. Dengan komputerisasi sistem akuntansi, upaya yang diperlukan untuk menjaga informasi ini dapat dilakukan secara memadai.

Bagaimana Basis Akrual diterapkan di NGO ?

Karena karakteristik NGO dan juga jenis MoU yang kesepakatannya dibangun bersama dengan donator/grantor, maka NGO belum mencatat Pendapatan atas Piutang pada saat penandatanganan MoU.

Untuk tujuan pelaporan seusai PSAK 45, pendapatan dari kontribusi dan sumbangan hibah, dicatat sebagai Pendapatan pada saat diterimanya dana.

Semoga bermanfaat.

    Cetak       Email

5 Tanggapan

  1. wawan mengatakan:

    thanks for informing

  2. Nanay mengatakan:

    Apa itu NG0 dan MoU? Masih kurang jelas perbedaan antara basis kas dan akrual. Mungkin satu ilustrasi soal bisa membantu.

  3. naila mengatakan:

    Nanay,
    NGO itu non governmet organization, atau LSM atau OMS (organisasi masyarakat sipil), isi sebutan di Indonesianya.
    Kalo MoU itu memorandum of understanding, semacam perjanjian kerjasama dengan donor biasanya.
    Basis kas vs basis akrual? Setau saya gini:
    Misalnya kita harus bayar gaji staf bulanan. Tapi kita baru akan membayarnya tgl 5 bulan berikutnya.
    Maka kalo basis akrual, setiap akhir bulan beban ini sudah harus dicatat sebagai jurnal dengan membukukan beban gaji pada hutang. Baru pada tgl 5 nya kita catat hutang pada kas (menghapus hutang gaji).
    Sedangkan pada basis kas, pada akhir bulan gak ada pencatatan. Pencatatan hanya ada pada tanggal 5 langsung yaitu beban gaji pada kas. Tidak ada pengakuan hutang.

    Hope it helps ya..

  4. Benjamin Pinto mengatakan:

    Hi terima kasih atas informasinya karena dapat membantu saya dalam Skripsi berjudul Pengaruh Sistem Penerapan Metode Pencatatan Accrual Basis di NGO X

  5. Benjamin Pinto mengatakan:

    hi naila, kenapa NGO harus menerapkan sistem pencatatan basis accrual dan apa pengaruhnya terhadap laporang keuangannya. thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anda Mau Membaca Ini, Mungkin?

KeuanganLSM

Tagihan-Tagihan Lancar Lainnya

Lanjutkan membaca →