Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Media  >  Artikel saat ini

Pelatihan UKM: US-Asean Business Council Berikan Bantuan Finansial

Oleh   /   Rabu 22 Februari 2012  /   Tidak ada komentar

Kementerian Koperasi dan UKM menyambut positif uluran tangan dari delegasi US-Asean Business Council yang segera memberi bantuan pelatihan dan pendampingan serta finansial kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia.

keuangan LSM

US-Asean Business Council menjanjikan akses pembiayaan ke lembaga perbankan

Sumber: Depkop, Senin, 13 February 2012.

JAKARTA: Kementerian Koperasi dan UKM menyambut positif uluran tangan dari delegasi US-Asean Business Council yang segera memberi bantuan pelatihan dan pendampingan serta finansial kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia. “Penawaran yang diberikan sangat positif, dan kita bisa bersinergi dengan agenda mereka yang telah berpengalaman,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan kepada wartawan seusai menerima delegasi US-Asean Business Council, Jumat 10 Februari 2012.

Delegasi tersebut dipimpin Stephen Collins sebagai Regional Managing Directors Asean didampingi beberap pejabat lain serrta anggotanya. Sjarifuddin Hasan didampingi para Deputi terkait serta staf ahlinya.

Menurut Sjarifuddin Hasan, penawaran yang diberikan sangat berharga dan harus diterima, karena program serupa juga telah diimplementasikan di negara-negara lain. Dan pada tahun ini hadir di Indonesia dengan maksud dan tujuan sama.

Selain meningkatkan kapasitas SDM pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM),  US-Asean Business Council juga menjanjikan akses pembiayaan ke lembaga perbankan untuk mengatasi kelemahan pembiayaan di Indonensia seklama ini.

”Jadi, kerja sama ini akan menghasilkan iklim usaha yang lebih kondusif di Indonesia apabila kita memanfaatkan fasilitasi yang mereka tawarkan, yakni teknologi, peningkatan kapasitas SDM hingga pendampingan,” tukas Sjarifuddin Hasan.

Dua perusahaan teknologi dan informasi yang tergabung dalam forum tersebut, yakni Microsoft dan Google lebih dulu aktif meningkatkan kapasitas pelaku koperasi Indonesia melalui penciptaan koperasi online hingga 100.000 unit.

Pada kesempatan itu Stephen Collins mengungkapkan bahwa tujuan pertemuan mereka dengan Menteri Koperasi dan UKM untuk menjalin kerja sama melalui perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat dengan perusahaan Asean, khususnya skala usaha kecil menengah (UKM).

Poin lainnya adalah melaksanakan transfer teknologi terhadap pelaku UKM Indonesia dan Asean  umumnya. Termasuk bantuan pengembangan UKM untuk sektor pembiayaan hingga pemasaran.

US-Asean Business Council dan Kementerian Koperasi dan UKM sepakat menetapkan David Kiu selaku Regional Director Government Affairs Asia menjadi penghubung untuk memperlancar kerja sama tersebut.

Terutama untuk menyelenggarakan salah satu kegiatan paling dekat, yakni workshop tentang pengembangan SDM ataupun mengenai lingkungan hidup.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Perlu Serap Digital

Selengkapnya →