Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Media  >  Artikel saat ini

Pemasaran UKM: LLP-KUKM Usung Tiga Program

Oleh   /   Jumat 30 Maret 2012  /   Tidak ada komentar

Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tahun ini mengusung tiga program kerja untuk mengoptimalkan fungsinya sebagai lembaga terdepan bagi pemasaran produk sektor riil.

keuangan LSM

Ketiga langkah atau solusi tersebut, mencakup peningkatan kapasitas SDM karyawan, peningkatan promosi, dan meningkatkan traffic pengunjung.

Sumber: Smecda, Kamis, 02 Februari 2012.

JAKARTA:  Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tahun ini mengusung tiga program kerja untuk mengoptimalkan fungsinya sebagai lembaga terdepan bagi pemasaran produk sektor riil.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM, Yuana Sutyowati, menjelaskan ketiga langkah atau solusi tersebut, mencakup peningkatan kapasitas SDM karyawan, peningkatan promosi, dan meningkatkan traffic pengunjung.

”Strategi itu kami laksanakan melalui tujuh agenda sepanjang tahun ini. Salah satu caranya, bersinergi dengan lembaga terkait serta pameran di dalam maupun luar negeri,” katanya kepada Bisnis (Kamis, 2 Februari 2012) Hingga saat ini, sejumlah 31 provinsi sudah menempatkan produk-produk unggulan yang dihasilkan koperasi dan usaha kecil menengah (KUKM) di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan.

Termasuk di lantai dasar gedung itu, tepatnya di Gallery UKM. Kemudian pada tahun ini bekerjasama dengan bank pemerintah maupun swasta untuk memberikan program diskon bagi pemegang kartu kredit dari bank penerbit. Kerja sama ini akan dilakukan secara periodik dengan bank-bank tertentu.

Selain itu LLP KUKM juga meningkatkan kapasitas produksi KUKM yang dipromosikan dan dipasarkan di gedung berlantai 14 tersebut. Peningkatan itu melalui pengembangan desain produk beriorientasi ekspor.

Menurut Yuana, pada tahun lalu untuk pemanfaatan ruang eksibisi, pihaknya berhasil menyelenggarakan 86 hari event dari target 220 hari, atau hanya tercapai sebesar 39,09%. Namun untuk pelaksanaan secara total untuk kegiatan promosi mencapai 195 hari, atau 88,60%.

”Pada tahun ini jumlah hari event itu akan kami tingkatkan dengan dukungan dari tujuh kegiatan yang diusung. Kami belum menetapkan target, akan tetapi optimistis bisa melampaui jumlah hari event tahun lalu,” papar Yuana.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, lembaga itu akan memingkatkan peranan mitra, yakni sponsorship melalui promosi iklan. Sebelumnya promosi dan pemasaran dilakukan dengan berbagai Kedutaan Besar negara sahabat di Indonesia.

Adapun nilai inventory LLP KUKM per Desember 2011, mencapai sekitar 22,5 miliar, sehingga Yuana menilai perlu peningkatan promosi, kualitas produk melalui desain serta menambah institusi sebagai mitra pemasaran. (Bsi)

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Perlu Serap Digital

Selengkapnya →