Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Pembayaran di Muka

Oleh   /   Selasa 12 Agustus 2014  /   Tidak ada komentar

Perusahaan ada kalanya melakukan pembayaran di muka atas suatu beban. Artinya, beban masih belum terjadi tetapi telah dibayar.

KeuanganLSM

Pembayaran di Muka

Perusahaan ada kalanya melakukan pembayaran di muka atas suatu beban. Artinya, beban masih belum terjadi tetapi telah dibayar. Misalnya, perusahaan melakukan sewa gedung dengan beban sewa per tahun Rp400 juta, dimulai tanggal 5 Januari 2014. Perusahaan membayar sewa untuk 3 tahun atau Rp1,2M pada tanggal 5 Januari 2014. Sewa dibayar dimuka per tanggal 5 Januari 2014 adalah merupakan aset karena memenuhi kriteria aset yang telah dijelaskan di atas.

Pembayaran sejumlah Rp1,2 Milyar tersebut merupakan sumber daya yang memiliki manfaat ekonomi. Altan tetapi, pada tanggal 31/12/2014 pembayaran sejumlah Rp400 juta telah berubah menjadi beban sewa. Sedangkan Rp800 juta lagi adalah masih merupakan aset perusahaan karena masih merupakan pembayaran di muka.

Jangan demikian, dalam neraca per 31/1/2/2014 harus tersaji pembayaran di muka sebesar Rp800 juta, sedangkan beban sewa akan muncul dalam laba/rugi sejumlah Rp400 juta. Pembahasan mengenai beban dibahas dalam bagian enam pada bab ini. Catatan atas laporan keuangan mengungkapkan keberadaan pembayaran di muka tersebut, yang merupakan sewa gedung selama tiga tahun yang dimulai sejak 5 Januari 2014.

Disarikan dari buku: Akuntansi untuk Non-Akuntansi, Penulis: Golrida Karyawati P, Hal: 29.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Membuat SDM Dihargai

Selengkapnya →