Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Pemeriksaan Pajak di Indonesia

Oleh   /   Kamis 14 Juli 2011  /   Tidak ada komentar

Penulis: Hananta Bwoga, Yoseph Agus BBN, Tony Marsyahrul

Editor: Zulkarnain & P. Sumaryo

Penerbit: PT Grasindo, 2005

Pemberlakuan sistem pemungutan pajak di Indonesia sebetulnya sudah dikenal semenjak digunakan pada awal tahun 1984, yaitu yang disebut sebagai sistem self assessment. Namun demikian, masih banyak wajib pajak yang belum memenuhi kewajiban perpajakannya.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tingkat kepatuhan wajib pajak pada umumnya masih belum sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan oleh Undang-Undang Perpajakan itu. Undang-Undang itu sendiri menghendaki bahwa dengan memberikan kepercayaan kepada wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan akan mendorong wajib pajak agar lebih mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, sehingga pengaruh selanjutnya akan mengakibatkan meningkatnya sumber penerimaan negara yang berasal dari pajak.

Dari kenyataan seperti tersebut di atas, masih diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dan berkesinambungan, yaitu pengawasan dan sekaligus pembinaan terhadap wajib pajak. Hal itu antara lain dapat diwujudkan dalam tindakan intensifikasi dan ekstensifikasi pemungutan pajak melalui pemeriksaan pajak.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →