Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita  >  Artikel saat ini

Pemprov Bali Luncurkan Jamkrida

Oleh   /   Rabu 22 Juni 2011  /   Tidak ada komentar

Untuk memproteksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Pemerintah Provinsi Bali meluncurkan Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) dengan badan hukum Perseoran Terbatas (PT).

keuanganLSM

Pemprov Bali Luncurkan Jamkrida

Penulis: Arnold Dhae

Sumber: Harian Seputar Indonesia, Selasa, 14 Juni 2011

DENPASAR-MICOM: Untuk memproteksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Pemerintah Provinsi Bali meluncurkan Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) dengan badan hukum Perseoran Terbatas (PT).
Direktur PT Jamkrida Bali Ketut Widana Karya mengatakan UMKM merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia. “UMKM juga terbukti menjadi katup pengaman perekonomian nasional di masa krisis serta menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis,” terangnya di Kantor Gubernur Bali, Senin (13/6).
Selain menjadi sektor usaha dengan kontribusi yang besar, UMKM juga menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi tenaga kerja dalam negeri.
Sehingga katanya, sangat membatu upaya mengurangi pengangguran. “Salah satu kunci keberhasilan UMKM adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk UMKM. Namun, permasalahan mendasar UMKM kesulitan mengakses sumber permodalan dari perbankan dan non perbankan. Untuk itu, kita berkomitmen membentuk PT Jamkrida,” jelasnya.
Kegiatan usaha Jamkrida sendiri, sambungnya, adalah dalam bentuk pemberian penjaminan untuk akses kredit kepada UMKM yang mempunyai usaha layak namun tidak memenuhi persyaratan teknis perbankan, khususnya pemenuhan agunan. “PT Jamkrida akan memberikan bantuan permodalan kepada UMKM untuk terus menggeliatkan roda perekonomian,” ulasnya.
Visi Jamkrida sendiri, terangnya, adalah untuk menciptakan perekonomian daerah Bali yang seimbang dan mantap. Dalam mencapai visi perubahan ke depan, katanya, perusahaan mempunyai misi melakukan kegiatan usaha penjaminan kredit dan bantuan konsultasi manajemen bagi penguatan UMKM.
“Tujuannya, agar menjadi pelaku ekonomi yang tangguh, meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan perusahaan sehingga mampu berkembang sekaligus memperoleh keuntungan guna memberikan pelayanan kepada UMKM,” paparnya. (OL/OL-04)

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Sangat Perlu Dukungan Akses Pembiayaan

Selengkapnya →