Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Komunitas  >  Artikel saat ini

[Penabulu] Pelatihan Komputerisasi Akuntansi Menggunakan Software SANGO – Maret 2016

Oleh   /   Selasa 8 Maret 2016  /   Tidak ada komentar

Jakarta, 8 Maret 2016 yang lalu Yayasan Penabulu unit Learn! kembali mengadakan pelatihan komputerisasi akuntansi menggunakan software SANGO.

Pelatihan Komputerisasi Akuntansi Menggunakan Software SANGO – Jakarta, 8 Maret 2016

Pelatihan Komputerisasi Akuntansi Menggunakan Software SANGO – Jakarta, 8 Maret 2016

Jakarta, 8 Maret 2016 yang lalu Yayasan Penabulu unit Learn! kembali mengadakan pelatihan komputerisasi akuntansi menggunakan software SANGO. Ya, pelatihan SANGO adalah salah satu jenis kegiatan yang cukup sering kami adakan, karena software ini adalah satu-satu nya software yang dikhususkan untuk organisasi nirlaba.

Pelatihan ini dihadiri 3 orang dari berbagai lembaga, diantaranya:

  1. Amran, ALPHA-I
  2. Sigit, AMTI
  3. Ria

Dan narasumbernya adalah Subhan.

Seperti biasa, pada awal kegiatan peserta diminta untuk memperkenalkan diri dan mengisi kertas metaplan yang sudah diberikan Kiki sebelumnya. Di kertas tersebut peserta diminta untuk mengisi biodata, harapan dan tujuan untuk mengikuti pelatihan ini.

Di materi pertama, Subhan mengulas sedikit tentang Standar Akuntansi Keuangan Organisasi Nirlaba dan PSAK 45, sesekali ia memberikan pertanyaan-pertanyaan. Lanjut ke penginstalan SANGO, sambil menginstal Subhan memperkenalkan sistem-sistem kerja yang ada di SANGO.

Usai menginstal, Subhan memandu para peserta untuk menyusun nomor akun dari studi kasus yang telah diberikan. Sangat terlihat jelas antusias para peserta dari ekspresi wajah mereka, diajak untuk coffee break pun tidak ada yang beranjak dari tempat duduknya masing-masing. Sambil mereka santai Subhan menjelaskan tentang pengaruh akun terhadap laporan yang dihasilkan.

Setelah break Makan siang, Subhan mengulas kembali tentang penyusunan nomor akun. Lalu, Subhan melanjutkan dengan menyusun anggaran/budget, di materi ini peserta diharapkan dapat menyusun sendiri budget pada masing-masing kegiatan. Dilanjutkan dengan simulasi jurnal transaksi agar para peserta memahami metode dan logika jurnal.

Subhan menjelaskan cara menganalisa laporan yang dihasilkan software atas jurnal yang dilakukan. Di sini peserta diajak untuk membuat analisa laporan keuangan dari lembaganya masing-masing agar memahami link pada masing-masing pos laporan yang dihasilkan software keuangan.

Pada sesi terakhir Subhan memberikan solusi jika ada permasalahan yang muncul dalam menginput laporan keuangan. Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan mengulas kembali semua materi yang telah diberikan dari awal hingga akhir pelatihan.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Undangan Peserta Indonesia Social Investment Forum (ISIF) 2016

Selengkapnya →