Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita  >  Artikel saat ini

[Penabulu] Pelatihan Pajak Penghasilan Pasal 21/26, Januari 2016

Oleh   /   Selasa 19 Januari 2016  /   Tidak ada komentar

Awal tahun 2016 Yayasan Penabulu membuka kegiatan dengan Pelatihan Pajak Penghasilan Pasal 21/26 di Jakarta, pelatihan ini bertujuan agar peserta mampu mengisi form-form serta penghitungan Pajak Pasal 21/26 dan diimplementasikan ke lembaga masing-masing.

[Penabulu] Pelatihan Pajak Penghasilan Pasal 21/26, Januari 2016

[Penabulu] Pelatihan Pajak Penghasilan Pasal 21/26, Januari 2016

Awal tahun 2016 Yayasan Penabulu membuka kegiatan dengan Pelatihan Pajak Penghasilan Pasal 21/26 di Jakarta, pelatihan ini bertujuan agar peserta mampu mengisi form-form serta penghitungan Pajak Pasal 21/26 dan diimplementasikan ke lembaga masing-masing. Fasilitator pelatihan ini yaitu Aisyiah yang akrab dipanggil Ai dari PKBI dan co-fasilitatornya Ahmad Sofyan atau yang sering dipanggil Uki dari Penabulu.

Peserta pelatihan ini diikuti dari berbagai lembaga, diantaranya:

  1. Agus (EOCRU)
  2. Ineke Kusumawati (ICEL)
  3. Trisno (Wahid Institute)
  4. Sri Handayani (Wahid Institute)

Pelatihan ini diawali dengan perkenalan dari team Learn! yaitu Dwi dan juga Mochamad Rifky, lalu diikuti oleh Ai dan para peserta. Setelah perkenalan Kiki memberikan kertas meta plan ke para peserta dan mereka diminta untuk mengisi biodata, tujuan dan harapan dari pelatihan Pajak.

Karena tidak semua peserta dari bagian keuangan, maka sebelum materi awal dibuka Ai memberikan beberapa pertanyaan dasar untuk sekedar mereview sejauh mana para peserta mengetahui tentang PPh pasal 21/26 ini. Lalu Ai membahas materi awal yaitu tentang dasar-dasar dan fungsi pajak 21/26 berikut objeknya.

Seusai makan siang, sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya Ai mengulas kembali materi sebelumnya dan memastikan bahwa para peserta benar-benar paham tentang dasar-dasarnya. Lalu dilanjutkan tentang apa saja yang dapat dikenakan pajak pasal 21/26.

Pada saat membahas tarif pajak, Ai menjelaskan bahwa ada 4 lapisan tarif PPh di pasal 17 ayat 1 (a) yaitu 5%, 15%, 25%, 30% setelah melihat peserta sudah mulai mengerti, mereka diberikan studi kasus untuk simulasi perhitungannya. Selepas coffee break 16:00 Ai memberikan ke para peserta form-form SPP, SPT dan bukti potong pajak untuk dijadikan pekerjaan rumah mereka.

Keesokan harinya Ai lebih mengajak para peserta untuk simulasi dan sebelum ke materi selanjutnya ia mengulas kembali materi yang kemarin sudah dibahas terlebih dahulu dan peserta diminta maju satu per satu untuk mengerjakan soal perhitungan pajak, dilanjutkan dengan simulasi perhitungan pajak pasal 21/26 dari awal hingga akhir.

Karena para peserta terlihat sangat antusias mengerjakan studi kasus yang diberikan oleh Ai, mereka tidak menyangka bahwa waktu sudah menunjukan pukul 15.30 dan di sisa waktu yang tersedia Ai mereview apakah tujuan dan harapan mereka untuk mengikuti pelatihan ini sudah tercapai dan ternyata setelah dilihat mereka sudah mampu mengisi form-form SPT, SPP, serta penghitungannya.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

The Finance and Administration Coordinator – Engage Media

Selengkapnya →