Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita  >  Artikel saat ini

[Penabulu] Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 berdasar SAK ETAP, Februari 2016

Oleh   /   Rabu 10 Februari 2016  /   Tidak ada komentar

Yayasan Penabulu unit Learn! kembali mengadakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 berdasar SAK ETAP di Rumah Kemuning Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dibawakan oleh Aisyiyah atau yang akrab dipanggil Ai.

[Penabulu] Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 berdasar SAK ETAP, Februari 2016

[Penabulu] Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 berdasar SAK ETAP, Februari 2016

Yayasan Penabulu unit Learn! kembali mengadakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 berdasar SAK ETAP di Rumah Kemuning pada tanggal 10-11 Februari 2016. Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dibawakan oleh Aisyiyah atau yang akrab dipanggil Ai.

Pelatihan ini dibuka dengan perkenalan peserta yang dibantu oleh Dwi Premadha Lestari. Peserta yang mengikuti pelatihan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 ini, adalah:

  • Ibeth (URDI)
  • Sally Astuti (AFS)
  • Astriana Siahaan (ELSAM)
  • Andi Abikusno (BAPPENAS)

Hari pertama, Ai membuka materi tentang PSAK 45, dalam pembahasannya ia menyampaikan Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba, pelaporan keuangan organisasi nirlaba yang baik adalah harus menyesuaikan dengan format akuntansi PSAK 45 yang di buat oleh IAI khusus untuk organisasi Nirlaba. Materi kedua, akuntansi organisasi Nirlaba, dalam materi ini pembicara menjelaskan tentang dasar-dasar untuk standar akuntasi yang berlaku di organisasi nirlaba.

Ai juga membahas paparan detil masing-masing bab dari SAK ETAP yang relevan bagi perlakuan akuntansi organisasi nirlaba kebijakan dan perlakuan akuntansi dari masing-masing bab SAK ETAP. Materi terakhir di hari pertama adalah mengenai Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan, dalam materi ini Ai mengajak peserta untuk melakukan simulasi membuat buku jurnal, buku besar, neraca saldo dan menyusun laporan keuangan sesuai PSAK 45 dengan tools excel. Pelatihan hari pertama terasa begitu cepat karena para peserta cukup kompeten di bagian keuangan organisasi nirlaba dan pembicara pun tak perlu mengulangi materi karena mereka sudah paham materi tersebut.

Di hari kedua Pak Andi tidak dapat menghadiri pelatihan karena ada meeting penting dan karena materi PSAK 45 telah tuntas dibahas di hari pertama dan para peserta sudah sangat mengerti tentang materi tersebut. Jadi, di hari kedua Ai tidak menyampaikan materi pelaporan keuangan sesuai PSAK 45, lalu beberapa peserta meminta sedikit review tentang beberapa materi lain, yaitu Catatan Transaksi Harian (CTH), Software SANGO dan PPh pasal 21/26.

Lalu di sesi akhir, Rifky memberikan kertas evaluasi kepada para peserta untuk memberikan penilaian dan masukan agar program pelatihan yang diadakan Learn! akan datang menjadi lebih baik lagi. Seperti biasa setelah pelatihan ditutup, diadakan foto bersama dengan narasumber dan tim Learn! sebagai kenang-kenangan.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Trainer dan Fasilitator – CEPF (Critical Ecosystem Partnership Fund)

Selengkapnya →