Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita  >  Artikel saat ini

[Penabulu] Workshop Komputerisasi Akuntansi Organisasi Nirlaba menggunakan SANGO untuk Field Indonesia, Februari 2014

Oleh   /   Kamis 6 Februari 2014  /   Tidak ada komentar

Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba disini ia menjelaskan tentang Posisi PSAK bagi perlakuan akuntansi ONL yang memiliki karakteristik khusus.

[Penabulu] Workshop Komputerisasi Akuntansi Organisasi Nirlaba menggunakan SANGO untuk Field Indonesia, Februari 2014

[Penabulu] Workshop Komputerisasi Akuntansi Organisasi Nirlaba menggunakan SANGO untuk Field Indonesia, Februari 2014

Dinginnya udara pagi ini tidak membuat kami terlena untuk tidak beraktifitas, apa lagi ini hari pertama kami untuk melakukan fasilitasi Workshop Komputerisasi Akuntansi Organisasi Nirlaba menggunakan SANGO untuk Field Indonesia. Kami di sambut dengan suka cita oleh teman-teman Field Indonesia saat kami menginjakkan kaki dikantor mereka. Komplek AL, Jalan Teluk Jakarta no. 7A Pasar Minggu Jakarta Selatan, disinilah Kegiatan workshop diselenggarakan yang sengaja dibuat khusus oleh Field Indonesia untuk kebutuhan teman-teman program Field Indonesia Padang, Jakarta dan Pasuruan terhadap Software SANGO.

Narasumber kami saat fasilitasi Workshop Komputerisasi Akuntansi Organisasi Nirlaba menggunakan SANGO untuk Field Indonesia adalah:

  1. Aisyiyah,Penabulu
  2. Subhan, Penabulu
  3. Kamaludin, Penabulu

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari di awal februari, yaitu 3-5 Februari 2014 kegiatan ini diawali dengan kata-kata sambutan dari Bapak Widyastama Cahyana selaku Direkstur Eksekutif Field Indonesia, dilanjutkan dengan perkenalan para peserta diantaranya:

  1. Novi Setia Budi, Field Indonesia
  2. Moh Syolehasan, Field Indonesia
  3. Fani, Field Indonesia
  4. Yenny Zafira, Field Indonesia
  5. Neti, Field Indonesia
  6. Madona, Field Indonesia

Materi pertama workshop dibawakan oleh Aisyiyah tentang PSAK 45: Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba disini ia menjelaskan tentang Posisi PSAK bagi perlakuan akuntansi ONL yang memiliki karakteristik khusus.

Lepas coffee break, dilanjutkan dengan pengenalan terhadap Software SANGO. Dalam sesi ini Subhan, Kamal dan Ai, membantu teman-teman dalam penginstalan software sango ke laptop mereka masing-masing.

Selepas makan siang, subhan melanjutkan dengan penjelasan tentang Membuat nomor akun dan saldo awal yang sesuai dengan kebutuhan lembaga, pemisahan sumber dana (konsolidasi/donor), serta simulasi saldo awal yang mengacu pada laporan hasil audit terdahulu (tahun sebelumnya).

Hari kedua pelatihan dilanjutkan dengan penjelasan pembuatan aktiva tetap, pengisian asset neto, bagaimana mengisi sumber dana dilanjutkan dengan penjelasan Aisyiyah tentang asset lancar dan asset neto sehabis coffee break.

Subhan menambahkan  untuk simulasi penginputan anggaran program dan project budget.

Hari terakhir dalam workshop ini, melanjutkan simulasi penginputan transaksi harian dari project/program, transaksi penerimaan bank/kas, transaksi pengeluaran bank/kas.

Lepas makan siang, dilanjutkan dengan simulasi pengajuan uang muka serta perkenalan beberapa menu yang di versi sebelumnya belum ada. Sebelum kegiatan ini di tutup, kami menjelaskan sekilas tentang komunitas keuangan lsm, serta foto bersama. Terimakasih buat Field Indonesia atas kesempatan dan keramah tamahan yang di berikan kepada tim kami.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Perlu Serap Digital

Selengkapnya →