Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Penetapan Format Dokumen SOP

Oleh   /   Selasa 16 September 2014  /   Tidak ada komentar

Format dokumen SOP ini sangat diperlukan guna menuliskan dan menampilkan prosedur beserta langkah-langkahnya dalam format tersebut.

KeuanganLSM

Penetapan Format Dokumen SOP

Suatu perusahaan atau lembaga yang menerbitkan, kemudian mengaplikasikan SOP dalam jajaran operasionalnya, perlu memiliki format SOP tertentu yang spesifik. Format dokumen SOP ini sangat diperlukan guna menuliskan dan menampilkan prosedur beserta langkah-langkahnya dalam format tersebut.

Tujuannya sebagai uapaya memberikan efek psikologis, baik bagi para pelaksana maupun bagi para pelanggan ataupun calon pelanggan kita. Hal tersebut akan menunjukkan bahwa:

  • Dokumen SOP ini merupakan dokumen resmi perusahaan atau lembaga yang memberikan citra positif bagi bonafiditas perusahaan di mata para pelanggan ataupun calon pelanggan.
  • Dokumen SOP disahkan oleh semua jajaran pimpinan perusahaan ataupun lembaga sehingga tidak ada alasan bagi para pelaksana untuk tidak mematuhinya.

Pada dasarnya, format dokumen SOP tidak memiliki standar tertentu. Bentuk atau format SOP dapat dimodifikasi sendiri, sesuai dengan keinginan, kepentingan, dan spesifikasi perusahaan tempat dokumen SOP ini berlaku. Namun demikian, bentuk-bentuk yang menunjukkan adanya spesifikasi dari perusahaan atau lembaga yang mengaplikasikan SOP, ataupun kolom-kolom yang menunjukkan kolom pengesahan pejabat, secara ideal perlu ditonjolkan dan perlu ditampilkan dalam format tersebut.

Berikut ini dua buah contoh format dokumen SOP. Contoh pertama adalah format dokumen SOP yang digunakan pada sebuah lembaga pendidikan, yaitu pada Lembaga Pendidikan dengan asumsi nama Home Schooling Admiral. Berikutnya, contoh format dokumen SOP yang berlaku pada sebuah perusahaan Industri yang berbentuk PT (Perseroan Terbatas), dengan asumsi nama PT Admiral, Jakarta.

Hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam contoh ini adalah bahwa para pejabat yang mendatangani pengesahan dokumen SOP, minimal para pejabat yang berkaitan secara langsung dengan upaya-upaya menjaga kualitas produk, ataupun kualitas jasa pelayanan dalam rangka memnuhi kepuasan pelanggan.

Disarikan dari buku: Panduan Praktis Menyusun SOP, Penulis: Ir. M. Budihardjo, Hal: 37-38.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Lingkup Pekerjaan Pemeriksa Internal (2/4)

Selengkapnya →