Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Pengarusutamaan Filantropi Islam untuk Keadilan Sosial di Indonesia

Oleh   /   Kamis 17 November 2011  /   Tidak ada komentar

Salah satu sumber dana sosial yang potensial di Indonesia adalah “dana umat” atau dana yang berkaitan dengan ajaran keagamaan. Besarnya potensi dana umat ini karena ajaran agama menjadi motivasi utama masyarakat.

keuangan LSM

Pengarusutamaan Filantropi Islam untuk Keadilan Sosial di Indonesia

Jurnal Galang: Vol. 1, No. 3, April 2006
Penerbit: PIRAMEDIA, 2006

Salah satu sumber dana sosial yang potensial di Indonesia adalah “dana umat” atau dana yang berkaitan dengan ajaran keagamaan. Besarnya potensi dana umat ini karena ajaran agama menjadi motivasi utama masyarakat untuk berderma.

Sayangnya, data atau informasi yang berkaitan dengan dana umat ini sangat terbatas. Sampai saat ini belum ada data resmi mengenai jumlah dana umat yang digalang berbagai lembaga sosial keagamaan. Data yang ada masih terbatas pada dana umat Islam berupa ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqoh).

Jurnal Vol. 1 No. 3 ini menyuguhkan beberapa gagasan, baik konsep dan praktik filantropi dari berbagai perspektif keagamaan / kepercayaan, baik islam, Katolik dan Konfusianisme. Selain derma dari individu, kami juga menampilkan satu artikel yang menganalisa problem-problem yang muncul dan prospek LSM-LSM Keagamaan (Budha, Hindu, Kristen, dan Islam) di Bangladesh dalam meraih kepercayaan dan dukungan sumber daya dari donornya. Harapan kami, apa yang disajikan dapat memberikan perspektif dan gagasan baru dalam mengembangkan filantropi keagamaan di Indonesia.

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization), serta perkembangan masyarakat madani dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial. Jurnal tiga bulanan ini akan memaparkan tulisan hasil penelitian, studi kasus, telaah ilmiah, review buku, dan wawancara baik dari narasumber/penulis dalam dan luar negeri.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →