Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Pengelolaan Keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah

Oleh   /   Rabu 17 Agustus 2011  /   Tidak ada komentar

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memperlihatkan ketangguhannya di saat negeri ini dilanda krisis ekonomi hebat pada tahun 1998 yang lalu. Disaat usaha besar bertumbuh satu per satu UKM.

keuangan LSM

Pengelolaan Keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah

Penulis: Abdulloh Mubarok, M. Faqihudin
Penerbit: Suluh Media, 2011

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memperlihatkan ketangguhannya di saat negeri ini dilanda krisis ekonomi hebat pada tahun 1998 yang lalu. Disaat usaha besar bertumbuh satu per satu UKM justru mampu eksis dalam menghadapi situasi tersebut.

Sejak saat itu terjadi euforia untuk mengembangkan UKM ini. Pertumbuhan UKM dan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi sangat diyakini tidak saja di negeri kita, juga di negeri kapitalis seperti Amerika Serikat pun UKM mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian di negara itu.

Kemampuan dan mental yang prima, naluri bisnis yang tajam dan keterampilan yang dimiliki oleh para pelaku bisnis merupakan suatu keniscayaan. Namun bagi pelaku bisnis UKM tidak sedikit problematika yang harus dihadapi, seperti iklim usaha yang kurang mendukung, ketergantungan terhadap bahan baku, pemasaran, teknologi dan tentunya yang berkaitan dengan keuangan.

Bahkan yang terakhir ini merupakan problematika klasik yang dihadapi oleh para pelaku bisnis UKM baik masalah permodalan maupun pengelolaan keuangannya. Kedua hal ini yang seringkali menjadi penghambat akses pelaku bisnis UKM ke sejumlah lembaga keuangan.

Buku ini memaparkan dengan jelas bagaimana kiat untuk meraih atau mendapatkan sumber dana, sekaligus bagaimana mengalokasikan dan mengelolanya, termasuk bagaimana menetapkan harga dan analisis usaha serta menyusun laporan keuangan dengan bahasa dan cara yang mudah dipahami oleh para pelaku bisnis UKM dalam menjalankan usahanya.

Lebih jauh, buku ini mengupas bagaimana para pelaku bisnis UKM dapat menganalisis usahanya sendiri sekaligus mampu untuk menyusun proposal usaha yang memenuhi indikator – indikator yang dipersyaratkan oleh lembaga keuangan, sehingga memudahkan untuk mendapatkan akses ke lembaga keuangan.

Buku ini menghadirkan literatur manajemen keuangan yang aplikatif dengan pembahasan yang mudah dipahami, rinci dan menyeluruh yang juga dapat diperuntukan bagi para pembaca yang mempelajari manajemen keuangan dan akuntansi UKM.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →