Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita  >  Artikel saat ini

Pengembangan UMKM: Selama 2012 Produktivitas 360 UMKM Berhasil Dipacu

Oleh   /   Rabu 29 Mei 2013  /   Tidak ada komentar

Pemerintah berhasil merealisasi peningkatan produktivitas dan mutu sekitar 360 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah sepanjang 2012 melalui penerapan teknologi tepat guna yang diprioritaskan pada 9 provinsi.

keuanganLSM

Pengembangan UMKM: Selama 2012 Produktivitas 360 UMKM Berhasil Dipacu

Sumber: Depkop, Jumat, 18 Januari 2013.

JAKARTA-Pemerintah berhasil merealisasi peningkatan produktivitas dan mutu sekitar 360 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah sepanjang 2012 melalui penerapan teknologi tepat guna yang diprioritaskan pada 9 provinsi.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Choriul Djamhari mengatakan keberhasilan meningkatkan program penerapan teknologi tepat guna (TPG) terhadap UMKM dilaksanakan melalui beberapa tahap.

“Diantaranya melalui bimbingn, kosultasi, pendampingan dan pemberian peralatan teknologi tepat guna. Semua fasilitas itu diberikan melalui wadah koperasi yang ditunjuk serta dinilai mampu melaksanakannya,” ujarnya kepada Bisnis, hari ini (17/1).

Pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan peningkatan kapasitas berbagai bidang tersebut, bergerak di sektor kegiatan budidaya jamur, pengolahan sabut kelapa, pengolahan kotoran sapi menjadi biogas, pengolahan limbah tahu dan tempe menjadi biogas serta pengolahan nira aren menjadi bioetanol.

Menurutnya, pada tahun ini program serupa masih terus dilakukan kepada UMKM dari provinsi lain yang belum mendapatkannya. Sedangkan ke-360 UMKM yang telah menerima fasilitas itu berasal dari Provinsi Jateng, Jatim, NTB, Aceh, Riau, Bengkulu, Sulut, Sulbar dan NTT.

“Seluruh fasilitas yang diberikan kepada UMKM merupakan bagian dari rencana kerja Kementerian Koperasi dan UKM dalam meningkatkan peranan pelaku usaha sektor riil guna mendukung keamanan pangan nasional”.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Perlu Serap Digital

Selengkapnya →