Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Pengertian dan Definisi SOP

Oleh   /   Senin 1 September 2014  /   Tidak ada komentar

Pada dasarnya SOP adalah suatu perangkat lunak pengatur, yang mengatur tahapan suatu proses kerja atau prosedur kerja tertentu. Oleh karena prosedur kerja yang dimaksud bersifat tetap, rutin, dan tidak berubah-ubah, prosedur kerja tersebut dibakukan menjadi dokumen tertulis yang disebut sebagai Standard Operating Procedure.

KeuanganLSM

Pengertian dan Definisi SOP

Pada dasarnya SOP (Standard Operating Procedure) adalah suatu perangkat lunak pengatur, yang mengatur tahapan suatu proses kerja atau prosedur kerja tertentu. Oleh karena prosedur kerja yang dimaksud bersifat tetap, rutin, dan tidak berubah-ubah, prosedur kerja tersebut dibakukan menjadi dokumen tertulis yang disebut sebagai Standard Operating Procedure atau disingkat SOP.

Dokumen tertulis ini selanjutnya dijadikan standar bagi pelaksanaan prosedur kerja tertentu tersebut. Bagi sebagian orang, SOP adalah singkatan dari Standard Operating Procedure. Walaupun pada dasarnya sama pengertiannya, sebagian orang lagi ada yang menggunakan istilah Standard Operational Procedure. Bahkan, sebagian lagi ada yang sudah “meng-Indonesiakan” menjadi Standar Operasional Prosedur; walaupun tidak sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dalam tulisan ini, penulis akan tetap menggunakan istilah Standard Operating Procedure. Hal ini karena semua Istilah tersebut di atas pada dasarnya memiliki pengertian yang sama. Oleh karena itu, pembaca bebas memilih untuk menggunakan istilah yang manapun. Bagi perusahaan-perusahaan yang sebagian atau seluruh staf dan karyawannya kurang familiar dengan bahasa Inggris, ada baiknya jika menggunakan istilah yang sudah di Indonesiakan. Tentu saja termasuk penggunaan bahasa di dalam dokumen SOP juga sejauh mungkin agar menghindari istilah-istilah bahasa asing.

Disarikan dari buku: Panduan Praktis Menyusun SOP, Penulis: Ir. M. Budiharjo, Hal: 7.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Tujuan UU Desa Disahkan

Selengkapnya →