Memuat...
Anda di sini:  Beranda  >  Artikel  >  Manajemen Keuangan  >  Artikel (di bawah) ini

Penggalian Sumber Dana Melalui Donatur Perorangan

Oleh   /   Jumat 26 April 2013  /   Tanggapi?

Pencarian dana jenis ini memerlukan suatu pendekatan yang lebih personal pendekatan yang fokus pada pemanfaatan koneksi perorangan. Bisa jadi pendekatan orang per orang, misalnya mendapatkan sumbangan besar dari perorangan.

keuangan LSM

Peran anggota penggurus sebagai penggalang dana sangatlah penting.

Pencarian dana jenis ini memerlukan suatu pendekatan yang lebih personal pendekatan yang fokus pada pemanfaatan koneksi perorangan. Bisa jadi pendekatan orang per orang, misalnya mendapatkan sumbangan besar dari perorangan. Hal ini juga memerlukan suatu komitmen untuk menggalang dana dari orang yang lebih dekat dengan tujuan organisasi, seperti pengurus organisasi.

Anggota pengurus LSM sebagai penggalang dana

Peran anggota penggurus sebagai penggalang dana sangatlah penting. Mereka adalah kekuatan penggerak di belakang pencarian dana. Mereka harus bersedia menjadi penasihat organisasi dan mengambil tanggung jawab pribadi untuk pencarian dana.

Para pengurus dapat memainkan peran kunci memilih, melaksanakan dan mengevaluasi strategi-strategi pencarian dana. Sebelum memulai pencarian dana, harus dipertimbangkan untuk menulis kontrak bagi mereka. Kontrak ini akan membantu menjelaskan rencana-rencana mereka dan memungkinkan staf untuk merealisasikannya ketika bantuan mereka diperlukan. Kontrak juga mengingatkan anggota pengurus tentang komitmen mereka untuk melakukan pencarian dana. Kontrak dapat berisi cara-cara khusus yang akan diambil anggota pengurus untuk mengumpulkan uang.

Dengan adanya strategi dan besaran uang yang dapat diketahui dengan jelas, angota pengurus akan merasa bahwa usaha-usaha mereka lebih bermanfaat ketika jumlahnya semakin meningkat.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang dapat dipakai anggota, pengurus untuk menggali dana sebesar $ 1000 :

(Besaran yang digunakan adalah dalam Dolar Kanada, perlu penyesuaian terhadap mata uang lokal dalam besaran yang sesuai):

a)      Sumbangkanlah uang anda sendiri. Ini adalah cara paling mudah bagi mereka yang mampu, meskipun jika anda dapat memberi uang sebanyak ini anda seharusnya membantu mengumpulkan lebih banyak dari $ 1000.

b)     Daftarlah semua teman anda yang tertarik dengan organisasi anda maupun organisasi-organisasi sejenis. Tentukanlah beberapa banyak yang ingin anda minta dari masing-masing teman anda. Jika anda tidak yakin akan jumlah uangnya, gunakanlah suatu kisaran. Tulislah surat kepada mereka dalam kertas dan amplop bertanda organisasi anda, dan sisipkan brosur organisasi serta sebuah amplop balasan. Teleponlah orang-orang yang tidak memberi tangapan dalam waktu dua minggu. Beberapa orang akan membutuhkan 10 teman untuk memberikan 100 dolar, dan beberapa orang butuh 50 teman untuk memberi 20 dolar. Sebagaian besar dari mereka akan membutuhkan suatu kombinasi pemberian sumbangan 100, 50, dan 25 dolar.

c)      Jika organisasi anda memiliki beberapa startegi pencarian dana masyarakat di tempat anda, gunakan semuanya:

Jual 100 tiket undian berhadiah (@2) = 200 dolar

Beri 200 dolar = 200 dolar

Jual 10 tiket untuk pertunjukan tahunan @25 = 250 dolar.

Beli dua keanggotaan berhadiah @25 = 50 dolar

Dapatkan 12 teman untuk ikut @25 = 300 dolar

d)     Buatlah daftar alamat surat menyurat untuk organisasi anda. Jika anda termasuk kelompok lain, mungkin anda bisa memulai suatu pertukaran. Anda bahkan mempunyai akses data anggota-anggota kelompok lainnya. Anda dapat menanyakan kepada teman-teman, nama-nama 10 hingga 15 orang yang mereka perkirakan mau ikut. Anda perlu merekrut sekitar 25 anggota dengan rata-rata sumbangan 40 dolar. Tergantung pada seberapa potensial daftar yang anda miliki, anda mungkin memerlukan sedikitnya 200 nama (untuk dikirmi surat) atau sebanyak 1500-3000 (jika memperkirakan 1-2 persen respon). Anda akan membutuhkan respon yang lebih besar jika anda ingin pengiriman surat dapat menembus biaya pengirimannya, dan juga menghasilkan 1000 dolar.

e)      Berikan sesuatu yang diperlukan organisasi senilai 1000 dolar. Ini dapat berupa sebuah komputer baru, lemari penyimpanan arsip, sofa/ tempat duduk, program perangkat lunak, dll.

f)       Istilah seminar tentang suatu topik yang anda ketahui, misalnya pencarian dana, menyulam, berkebun organik, penulisan proposal, laporan-laporan dampak lingkungan, kursus ahli masak, perawatan anjing, memulai usaha anda sendiri. Tarik biaya 50 – 70 dolar per orang, dengan target 15 sampai 20 orang. Perhitungan biaya promosi cari peserta yang mencukupi untuk menutup biaya.

g)      Selenggarakan acara makan malam di kuil, gereja, aula atau ruang besar lainnya dengan dapur yang luas. Tarik 10 dolar per orang dan jumlah 100 orang lebih. Anda bisa menarik biaya ekstra untuk anggur atau minuman.

h)     Selenggarakan acara makan malam mewah di rumah anda atau makan malam terjadwal di rumah seseorang yang impresif. Sajikan makanan yang lezat atau gourmet atau hiburan khusus. Tarik biaya 40 dolar atau lebih per orang dan tujuannya untuk 25 tamu atau lebih.

i)        Selenggarakan suatu pesta rumah. Jangan memungut biaya dan undang sebanyak mungkin orang. Selama pesta sampaikan pidato singkat tentang organisasi anda dan mintalah setiap orang untuk mempertimbangkan menyumbang 25, 50, 100 dolar, atau lebih (tergantung banyaknya peserta). Bagikan amplop dan minta mereka memberikan sumbangan saat itu, atau sesudah pesta hubungi setiap tamu dan mintalah yang banyak. Tunjukkan bahwa anda telah memberi dan jika perlu, jumlahnya berapa.

j)       Lakukan kegiatan pencarian dana setiap dua bulan sekali. Sebagai contoh dengan menyelenggarakan pesta, dan lain-lain.

k)     Mintalah bantuan para pengusaha kecil, gereja, masjid, atau organisasi-organisasi keanggotaan sebesar 1000 dolar. Ini bisa sangat efektif jika anda aktif di suatu gereja atau anda memiliki suatu usaha dan terlibat dalam organisasi-organisasi bisnis. Anda bisa memperoleh 200 – 1000 dolar dengan suatu proposal sederhana atau presentasi langsung.

l)        Mintalah teman-teman untuk membantu berjualan kue, obral buku, atau obral barang-barang bekas. Anda dan teman-teman anda membuat kue-kue yang enak atau mendapatkan buku-buku maupun barang-barang lain yang diperlukan untuk dijual. Anda juga turut bekerja dan ikut bersih-bersih sesudahnya. Ini adalah cara yang baik untuk melibatkan orang-orang dalam pencarian dana tanpa meminta uang mereka.

m)   Undang orang-orang ke pesta ulang tahun anda mintalah mereka untuk memberikan uangnya bagi organisasi sebagai pengganti hadiah ulang tahun anda.

n)     Kegiatan dengan cara meminta uang secara sukarela. Suatu sore anda dan sekelompok teman membawa surat kendaraan ke lingkungan kampung setempat dan mintalah uang ke rumah-rumah.

o)      Anda atau salah satu teman anda memandu lintas alam, piknik arsitektural, piknik sejarah, suatu pelayaran, arung jeram, atau acara berkuda. Tarik biaya 15 – 25 dolar per orang, atau tarik biaya 35 dolar dan berikan makan siang. Iklankan kegiatan di surat kabar lokal untuk menarik orang-orang dari luar oranisasi anda.

p)     Adakan suatu pengundian jasa. Cari empat orang (salah satunya bisa anda) untuk menyumbangkan jasa sederhana tapi berharga yang dapat dipakai orang, lalu jual tiket undian seharga 10 – 20 dolar per tiket. Jaga agar harganya agak mahal agar anda tidak harus menjual terlalu banyak, sehingga pembeli mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk menang. Pelayanan jasa bisa meliputi pengasuhan anak di akhir pekan; pembersihan rumah satu hari; pembersihan halaman; pengecetan rumah (interior dan ekterior), dan sebagainya. Jual tiket kepada para tetangga, teman sejawat dan anggota-anggota pengurus lainnya. Tawarkan diskon untuk pembelian lebih banyak, jika anda benar-benar berani atau tinggali di daerah yang lebih kaya atau punya sedikit teman, juallah tiket seharga 50 dolar per lembar.

q)     Catat barang-barang yang diperlukan kelompok anda dan cobalah untuk mendapatkan barang-barang tersebut dari donatur. Ini baik bagi orang-orang yang tidak suka meminta uang tetapi tidak keberatan meminta barang yang senilai uang. Barang-barang yang kadang-kadang disumbangkan termasuk komputer, kertas-kertas kantor, dan alat-alat kantor lainnya, perabotan ketika mereka mendekorasi ulang), mesin-mesin faksimili, mesin-mesin tambahan, makanan, dan bahkan mobil.

r)      Jika anda berjiwa artistik, tawarkan untuk merancang kartu-kartu ucapan selamat secara khusus kepada organisasi-organisasi atau perorangan dengan imbalan. Jual keterampilan anda ke sekolah-sekolah selama acara wisuda, ke teman-teman untuk undangan pernikahan yang berkelas tapi murah, atau hanya sertifikat lucu semacam Teman Terkenal.

s)       Lelang kecil-kecilan. Ini untuk teman-teman anda yang mejanya penuh dengan kertas kerja atau yang mengeluh tidak pernah bisa menemukan sesuatu. Jika anda seseorang yang teratur, tawarkan untuk membersihkan meja mereka atau file makalah-makalah mereka dan lain-lain. Jika anda suka belanja, lakukan belanja hari libur untuk orang-orang yang tidak suka berbelanja. Kemungkinan lainnya, belilah hadiah ulang tahun atau hadiah keluarga untuk mereka. Apapun yang dirasakan orang tidak dapat dilaksanakan, buatlah mimpi pencarian dana melalui perorganisasian orang-orang menjadi kenyataan.

Disarikan dari buku: Buklet Sumber Dana Kreatif (Buklet 5 dari 11 Seri Pengerahan Sumber Daya), Penulis: Nina Doyle, Halaman: 4-8.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anda Mau Membaca Ini, Mungkin?

KeuanganLSM

Masa Depan ke Mana?

Lanjutkan membaca →