Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa

Oleh   /   Selasa 15 Maret 2016  /   Tidak ada komentar

Ekonomi Indonesia pada dasarnya merupakan ekonomi yang berbasis mekanisme pasar dengan intervensi pemerintah yang memainkan peranan penting didalamnya.

bakal keuLSM

Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa

Disusun oleh Program Desa Lestari Yayasan Penabulu, berdasarkan pengalaman lapang pendampingan beberapa desa di DI Yogyakarta selama kurun waktu 2014 – 2015. Sebagai sebuah bentuk gagasan, dokumen ini akan disusun sesederhana mungkin dan memberikan ruang penyempurnaan gagasan sambil bertumbuhnya pengalaman pendampingan di kemudian hari.

Model Perekonomian Indonesia
Ekonomi Indonesia pada dasarnya merupakan ekonomi yang berbasis mekanisme pasar dengan intervensi pemerintah yang memainkan peranan penting didalamnya.

UUD 1945 Bab XIV, Pasal 33, memandatkan bahwa perekonomian Indonesia disusun atas usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan, dengan cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Sumber daya alam dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Perekonomian Indonesia diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.

Maka, demokrasi ekonomi indonesia akan ditopang oleh 3 pelaku utama yaitu BUMN/D (Badan Usaha Milik Negara/Daerah), Koperasi dan Swasta.

Silahkan unduh file Pdf Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Informasi Tambahan dalam Laporan Keuangan menurut IFRS

Selengkapnya →