Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Penyajian Instrumen Ekuitas menurut IAS 32

Oleh   /   Senin 11 Juni 2012  /   Tidak ada komentar

Suatu liabilitas kontraktual dari penerbit instrumen keuangan untuk mengirimkan kas atau aset keuangan lainnya kepada pemegang menurut kondisi yang secara potensial tidak menguntungkan bagi penerbit.

keuanganLSM

Penyajian Instrumen Ekuitas menurut IAS 32

Suatu instrumen ekuitas adalah suatu kontrak yang membuktikan suatu kepentingan residual di dalam aset suatu entitas setelah dikurangkan dengan semua liabilitasnya. Contoh instrumen ekuitas adalah:

  1. Saham ekuitas yang tidak dapat dijual kembali (non-puttable)
  2. Jenis saham preferen tertentu
  3. Waran atau opsi beli tertulis yang mengizinkan pemilik untuk berlangganan atau membeli sejumlah saham ekuitas tidak dapat dijual kembali (non-puttable) yang ditetapkan di dalam entitas penerbit dalam menukarkan sejumlah kas atau aset keuangan lainnya yang ditetapkan.

Suatu liabilitas kontraktual dari penerbit instrumen keuangan untuk mengirimkan kas atau aset keuangan lainnya kepada pemegang menurut kondisi yang secara potensial tidak menguntungkan bagi penerbit.

Penyajian Liabilitas Dan Ekuitas

IAS 32 mewajibkan bahwa penerbit suatu instrumen keuangan harus mengklasifikasikan pada waktu pengakuan awal instrumen atau bagian dari komponennya ke dalam:

  • Ekuitas; atau
  • Liabilitas keuangan; atau
  • Aset keuangan.

Hal ini harus dilakukan atas dasar substansi transaksi dan definisi istilah. Suatu fitur yang kritis dari suatu liabilitas keuangan adalah eksistensi dari:

  • Suatu liabilitas kontraktual dari penerbit instrumen keuangan untuk mengirimkan kas atau aset keuangan lainnya kepada pemegang menurut kondisi yang secara potensial tidak menguntungkan bagi penerbit; atau
  • Liabilitas kontraktual penerbit untuk menukarkan aset keuangan atau liabilitas keuangan dengan pemegangnya.

Walaupun dividen seringkali dibayarkan untuk instrumen ekuitas, tidak ada liabilitas untuk membayar dividen yang semacam itu. Bilamana penerbit memiliki liabilitas untuk membayar dividen atau melunasi modal, seperti dalam hal saham preferen yang dapat ditebus tanpa liabilitas membayar bunga atau saham preferen yang tidak dapat ditebus dengan liabilitas membayar bunga, maka instrumen diklasifikasikan sebagai suatu liabilitas.

Disarikan dari buku: Memahami IFRS, Penulis: Nandakumar Ankarath, Dr. T.P. Ghosh, dkk.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM agar Manfaatkan Teknologi

Selengkapnya →