Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Media  >  Artikel saat ini

Penyaluran KUR: Peran koperasi ditingkatkan

Oleh   /   Rabu 28 Maret 2012  /   Tidak ada komentar

Pemerintah mengoptimalkan peranan seluruh koperasi di berbagai daerah untuk memperluas penyaluran dana program kredit usaha rakyat (KUR) yang tahun ini ditargetkan Rp30 triliun.

keuangan LSM

Pemerintah mengoptimalkan peranan seluruh koperasi di berbagai daerah untuk memperluas penyaluran dana program kredit usaha rakyat (KUR).

Sumber: Smecda, Sabtu, 04 Februari 2012.

JAKARTA: Pemerintah mengoptimalkan peranan seluruh koperasi di berbagai daerah untuk memperluas penyaluran dana program kredit usaha rakyat (KUR) yang tahun ini ditargetkan Rp30 triliun.

Choirul Djamhari, Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM, mengemukakan keterlibatan koperasi tersebut, terutama didaerah pesisir dan pinggiran perkotaan.”Ini merupakan metoda baru dengan harapan serapan dana kredit usaha rakyat bisa lebih menyentuh permasalahan pembiayaan di daerah yang selama ini kurang termonitor,” ujarnya kepada Bisnis hari ini, 4 Februari 2012.

Program ini dipersiapkan untuk melakukan pendampingan bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). Tugas itu dipercayakan kepada pengurus atau eksekutif koperasi. Artinya, pendampingan yang diberikan dilakukan oleh SDM yang berkompeten. Menurutnya, tenaga SDM koperasi tersebut akan melakukan tugasnya menginventarisasi calon UMK yang berkeinginan mengakses KUR. Kemudian mendampinginya ke perbankan pelaksana KUR hingga tuntas.

Hal ini dilakukan Kemenkop dan UKM, karena sosialisasi dan koordinasi dinilai masih perlu terus dilakukan secara periodik. Khususnya di daerah pesisir dan pinggiran kota-kota di daerah. Program pendampingan ini telah dimulai sejak awal 2012. Oleh karena itu ke-33 provinsi Indonesia dijadikan target sosialisasi, serta dibantu pemerintah daerah setempat. Keterlibatan Pemda setempat sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2010.

Inpres tersebut mengamanatkan seluruh Pemda harus berperan menyukseskan program KUR. Alasanya, karena program KUR merupakan salah satu program strategis pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembiayaan. (tw)

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Sangat Perlu Dukungan Akses Pembiayaan

Selengkapnya →