Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Penyedia Sumber Keuangan Rahasia

Oleh   /   Senin 12 Oktober 2015  /   Tidak ada komentar

Walaupun proses yang dilalui rumit dan penuh resiko namun masih banyak yang ingin tetap memanfaatkannya tanpa memperhatikan resiko yang dihadapi mengingat keuntungan yang akan diperoleh relatif terhadap biaya yang akan ditanggung lebih besar.

Penyedia Sumber Keuangan Rahasia

Penyedia Sumber Keuangan Rahasia

Sumber keuangan dan kekayaan rahasia sebagai sumber yang dapat diperdagangkan atau ditransaksikan tersebut berupa baik dalam bentuk kekayaan finansial didalam negeri (onshore), diluar negeri (off shore) maupun dalam bentuk kekayaan fisik yang belum jelas keberadaannya dan secara terbuka tidak diumumkan. Yang berbentuk kekayaan finansial onshore dapat berbentuk simpanan bank, sertifikat deposito, cek tunai, saham, obligasi serta kekayaan lain yang semuanya memiliki nilai pasar serta terlindungi oleh kerahasiaan (terutama perbankan) untuk tidak diungkapyang berlaku di masing-masing negara. Secara tradisional kerahasiaan yang umumnya berlaku dalam praktek perbankan di banyak negara lazimnya memberi proteksi terhadap permintaan informasi dari pihak-pihak yang tidak berhak sehingga para pihak ybs (yang terkait dengan bank) tetap terlindungi dari segala upaya untuk mengungkap informasi tersebut.

Namun demikian sekali aturan hukum mulai diperlakukan sesuai ketentuan dan prosedur legal maka pemerintah suatu negara tidak dapat memaksa untuk membuka segala bentuk dana/uang rahasia yang tersimpan baik oleh individu maupun oleh lembaga yang sudah menjadi komitmen kecuali otoritas/pengadilan menetapkan lain. Tidak semua kekayaan yang dikategorikan rahasia mempunyai nilai untuk ditransaksikan mengingat sebagian juga tidak bebas dari pengungkapan oleh penguasa setempat sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

Walaupun sumber-sumber dana keuangan rahasia tersebut cukup tersedia tetapi tidak berarti bahwa semua pihak dapat memanfaatkannya dengan mudah tanpa melalui proses yang lazim berlaku dalam transaksi yang bersifat tidak terbuka tersebut. Hal ini berkaitan dengan beberapa faktor penyebab a.I. minim dan sangat terbatasnya informasi baik mengenai tempat, jumlah, persyaratan atau kondisi yang ada, adanya aturan dan kemungkinan adanya control devisa yang ketat (dinegara calon pengguna), ketakutan terhadap kemungkinan akan dituntut dan ditangkap dan sebagainya yang menyebabkan tidak semua pihak memiliki akses untuk menggunakan sumber-sumber tersebut walaupun tersedia dibanyak tempat. Walaupun proses yang dilalui rumit dan penuh resiko namun masih banyak yang ingin tetap memanfaatkannya tanpa memperhatikan resiko yang dihadapi mengingat keuntungan yang akan diperoleh relatif terhadap biaya yang akan ditanggung lebih besar.

Disarikan dari buku: Sumber Keuangan Rahasia dan Seluk Beluknya, Penulis: Rijanto Sastroadmodjo, Hal: 19-20.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Amnesti Pajak: Sarana Menuju Kemandirian Bangsa

Selengkapnya →