Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Artikel saat ini

Peran Masyarakat Sipil untuk Mewujudkan TKLD

Oleh   /   Kamis 5 Februari 2015  /   Tidak ada komentar

Dengan terbitnya buku ini, kami berharap dapat menambah khasanah perbincangan mengenai masyarakat sipil. Buku ini juga diharapkan dapat berkontribusi pada penguatan peran masyarakat sipil sebagai salah satu pilar dalam pembangunan. Buku ini sangat berguna bagi para praktisi organisasi masyarakat sipil.

Peran Masyarakat Sipil untuk Mewujudkan Tata Kepemerintahan Lokal yang Demokratis (TKLD)

Peran Masyarakat Sipil untuk Mewujudkan Tata Kepemerintahan Lokal yang Demokratis (TKLD)

Penulis: Fransisca Fitri, Lili Hasanudin, Nor Hiqmah, Sri Indiyastutik, 2011

Membangun masyarakat sipil membutuhkan waktu dan kesabaran. Perubahan yang terjadi sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah komitmen pemerintah dan tokoh politik daerah. Pasang-surut peran masyarakat sipil dalam pembangunan tidak menyusutkan semangat perubahan yang ingin dicapai meskipun terkadang cukup melelahkan. Demikian pula dengan Indeks Masyarakat Sipil (IMS) yang dialami oleh 16 kabupaten/kota mitra ACCESS, tidak jarang dijumpai ada yang turun atau naik. Ini adalah hal yang biasa karena indeks masyarakat sipil bukan sebuah perubahan yang linier, melainkan sangat dinamis.

Namun perubahan peran masyarakat sipil adalah sesuatu yang perlu terus diperjuangkan untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik. Kesetaraan menghormati seluruh warga, termasuk perempuan, warga miskin dan marginal sangat penting diperjuangkan. Dan Indonesia yang telah berhasil memancarkan cahaya demokrasi di Asia akan menginspirasi dan membuka mata dunia. Tentu proses ini belum berhenti dan semakin menarik di waktu yang akan datang. Indeks Masyarakat Sipil sebagai salah satu parameter pembangunan membutuhkan dukungan terus-menerus sehingga mampu meningkatkan peran warga di segala lini. Dengan demikian kemungkinan kesenjangan pembangunan dapat diperkecil.

Dengan terbitnya buku ini, kami berharap dapat menambah khasanah perbincangan mengenai masyarakat sipil. Buku ini juga diharapkan dapat berkontribusi pada penguatan peran masyarakat sipil sebagai salah satu pilar dalam pembangunan. Buku ini sangat berguna bagi para praktisi organisasi masyarakat sipil, pemerintah serta aktor-aktor pembangunan lainnya sebagai referensi atau rujukan untuk membangun agenda-agenda tata kepemerintahan lokal demokratis.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →