Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Peran Strategis SOP bagi Organisasi

Oleh   /   Selasa 2 September 2014  /   Tidak ada komentar

Sebelum menyusun dokumen SOP, sudah barang tentu kita wajib mengetahui lebih jauh beberapa landasan yang diperlukan sebagai fondasi. Dengan begitu, SOP yang disusun akan sangat bermanfaat bagi perusahaan atau organisasi apa pun yang berkomitmen untuk mengaplikasikannya.

Peran Strategis SOP bagi Organisasi

Dalam suatu perusahaan, efisiensi yang diharapkan demi kemajuan perusahaan, paling tidak adalah dalam hal waktu penyelesaian pekerjaan. Dengan lebih cepatnya suatu pekerjaan dapat diselesaikan, berarti akan lebih banyak volume pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam setiap satuan waktunya. Berikutnya lagi adalah dalam hal kualitas pekerjaan, baik yang terkait dengan pelayanan maupun terkait produk yang dihasilkan dari suatu proses produksi.

Efisiensi dari kedua hal tersebut di atas, secara langsung akan berdampak pada biaya operasional yang semakin efisien, yang tentu saja merupakan harapan semua perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Mengingat akan harapan setiap perusahaan sebagai-mana disebutkan di atas, penerapan SOP dalam setiap unit kerja dalam perusahaan memiliki peran strategis yang sangat unggul. Ini karena akan menyebabkan peningkatan efisiensi pada setiap proses kerja dalam setiap unit kerja perusahaan.

Apalagi apabila semua unit kerja dalam perusahaan atau organisasi sepakat untuk disiplin dan konsisten dalam menerapkan SOP sesuai kepentingan dan kebutuhan pada unit kerja masing-masing, dapat dipastikan bahwa efisiensi akan dapat tercapai secara menyeluruh dalam perusahaan tersebut. Itulah sebabnya penerapan SOP sangat direkomendasikan karena memiliki peran yang sangat strategis bagi perusahaan ataupun organisasi apa pun.

Sebelum menyusun dokumen SOP, sudah barang tentu kita wajib mengetahui lebih jauh beberapa landasan yang diperlukan sebagai fondasi. Dengan begitu, SOP yang disusun akan sangat bermanfaat bagi perusahaan atau organisasi apa pun yang berkomitmen untuk mengaplikasikannya. Beberapa landasan yang dimaksud, tampak sebagaimana diuraikan di bawah.

Disarikan dari buku: Panduan Praktis Menyusun SOP, Penulis: Ir. M. Budiharjo, Hal: 8.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Pemda Jangan Hanya Andalkan DAU-DAK

Selengkapnya →