Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Perubahan Berbasis Pertumbuhan

Oleh   /   Sabtu 11 Februari 2012  /   Tidak ada komentar

Tumbuh adalah berubah; jadi perubahan tak dapat dihindari. Penyesuaian bisa terjadi secara gradual, radikal, atau gabungan keduanya. Ada perubahan yang terjadi secara alami dan mulus, bisa pula sulit. Tidak semua pemilik mampu berubah menjadi manajer profesional dengan baik.

keuanganLSM

Perubahan Berbasis Pertumbuhan

Tumbuh adalah berubah; jadi perubahan tak dapat dihindari. Penyesuaian bisa terjadi secara gradual, radikal, atau gabungan keduanya. Ada perubahan yang terjadi secara alami dan mulus, bisa pula sulit. Suatu usaha kecil yang berkembang akan tumbuh melampaui kemampuan manajemen pemilik. Tidak semua pemilik mampu berubah menjadi manajer profesional dengan baik. Rencanakan setiap pertumbuhan secara seksama, batasi pada tingkat yang dapat kita tangani. Jika tidak, cepat atau Iambat organisasi akan terpuruk.

 

Berubah untuk Menang

Perubahan dalam dunia bisnis, yang gradual maupun radikal, banyak didorong keinginan untuk memenangkan persaingan. Peningkatan daya saing ada yang mengikuti pertumbuhan, seperti: banyaknya sumber daya dan konsumen serta rendahnya biaya. Teknologi, pelayanan, jalur distribusi, produktivitas, pemasaran, dan pendanaan juga penting. Tiap fungsi bisa jadi kunci sukses bila kita berani tampil beda. Carilah perubahan yang akan disambut baik oleh konsumen. Antisipasi perubahan dan hambatan untuk meningkatkan daya saing.

Usahakan untuk menyamai atau melebihi yang terbaik.

Berubah Secara Intrinsik

Belajar untuk berubah sendiri merupakan perubahan besar. Salah satu cara terbaik untuk membentuk pola pikir dan kerja yang adaptif adalah menciptakan “Organisasi yang Belajar”, dimana perubahan jadi orientasi setiap orang, sehingga perubahan selalu terjadi dan sistem terus disempurnakan. Pendekatan ini mendukung pengembangan organisasi dan menjadikan organisasi selalu siap menghadapi krisis. Agar efektif, perubahan (terutama perubahan pola pikir mendasar) harus ditularkan ke setiap orang dan unsur dalam organisasi.

Jadilah berbeda dan lebih baik dari pesaing bila ingin menang.

Tumbuh adalah berubah; jadi perubahan tak dapat dihindari. Penyesuaian bisa terjadi secara gradual, radikal, atau gabungan keduanya. Ada perubahan yang terjadi secara alami dan mulus, bisa pula sulit. Tidak semua pemilik mampu berubah menjadi manajer profesional dengan baik.

Menggabungkan Perubahan

Ada perubahan sebagai respon radikal atas kritis yang lalu diikuti oleh program tindak lanjut gradual. Ada pula yang bersifat proaktif sistematik, seperti program TQM (Total Quality Management). TQM melibatkan perubahan terus-menerus di semua sektor, seperti sistem, proses, orang dan manajemen. Agar perubahan terus berjalan, harus ada kemajuan operasional dan perubahan pola pikir semua personil. Ini tidak mudah dilakukan. Prioritas yang terus berubah membuatnya semakin rumit: terus menilai kebutuhan akan perubahan adalah kunci berhasilnya perubahan.

  • Jangan paksa pertumbuhan melampaui batas.
  • Buatlah perubahan yang meningkatkan daya saing.
  • Perubahan yang separuh-separuh akan mengecewakan.
  • Perubahan pola piker tercermin dalan perilaku.
  • Bersikaplah kritis saat menilai proses dan kinerja internal.
  • Perubahan harus bermanfaat bagi konsumen dan staf secara langsung atau tidak.

Disarikan dari buku: Managing Change, Penulis: Robert Heller, Halaman: 14-15.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Membuat SDM Dihargai

Selengkapnya →