Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Petunjuk Kewajiban Pajak Lembaga Nirlaba

Oleh   /   Selasa 28 Agustus 2012  /   Tidak ada komentar

Buku ini memberikan panduan praktis untuk penggiat organisasi non profit dalam memenuhi kewajiban pajaknya. Didalamnya menerangkan mengenai prinsip perpajakan dan tata cara perpajakan.

Petunjuk Kewajiban Pajak Lembaga Nirlaba

Petunjuk Kewajiban Pajak Lembaga Nirlaba

Penulis: Pahala Nainggolan.
Penerbit: Yayasan Bina Integrasi Edukasi (YBIE), 2012.

Di Indonesia, perpajakan masih relatif tertinggal dalam artian masih banyak individu atau lembaga yang tidak merasa bersalah ketika tidak melakukan kewajiban pajak apapun. Masih banyak yang mau menghabiskan banyak upaya dan usaha untuk menghindar dari kewajiban pajak. Oliver Wendel Holmes sangat tepat menyatakan bahwa taxes are what we pay for a civilized society.

Meskipun tidak berorientasi untuk memupuk keuntungan, namun kewajiban perpajakan perlu dipenuhi. Tidak selalu kewajiban tersebut berarti lembaga harus mengeluarkan dana untuk pembayaran pajak. Sebagian besar kewajiban perpajakan lembaga nirlaba adalah memotong pajak orang lain.

Buku ini memberikan panduan praktis untuk penggiat organisasi non profit dalam memenuhi kewajiban pajaknya. Didalamnya menerangkan mengenai prinsip perpajakan dan tata cara perpajakan termasuk kewajiban untuk mendaftarkan diri dan memperoleh NPWP, kewajiban memotong dan menyetor, kewajiban melapor dan penyelenggaraan pembukuan yang baik yang sesuai standar akuntansi.

Didalam buku ini mengulas mengenai aspek perpajakan yang ada dalam organisasi non profit terutama mengenai  Pajak Penghasilan Pasal 21, Pajak Penghasilan Pasal 23, Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat 2 dan Pajak penghasilan Badan Pasal 25 (PPH Badan) disertai dengan contoh-contoh penghitungan PPH 21 sederhana yang bisa diaplikasikan oleh semua kalangan.

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan buku Petunjuk Kewajiban Pajak Lembaga Nirlaba ini dapat memesan langsung ke Bapak Reagen di alamat: Yayasan Bina Integrasi Edukasi (YBIE), Telp. 021-8319282/082117771811, Email: reagen@integrasi-edukasi.org, dengan harga Rp. 40.000,00.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →