Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Pilkadal

Oleh   /   Kamis 10 Mei 2012  /   Tidak ada komentar

Wacana, jurnal triwulan yang muncul dengan tujuan untuk menampung berbagai gagasan alternatif. Jurnal yang didedikasikan bagi transformasi sosial sekaligus penguatan masyarakat sipil ini berkeinginan untuk mendorong lahirnya tata masyarakat.

keuangan LSM

Pilkadal

Jurnal Wacana: Edisi 21, Tahun VI 2005
Penerbit: INSISTPress, 2005

Gagasan utama dari Pilkadal memang sungguh ideal. Di tingkat lokal, rakyat dapat menentukan sendiri pimpinan daerah mereka. Dengan cara ini maka cara pengangkatan oleh orang pusat seperti zaman sebelumnya akan berakhir.

Namun, kenyataan menunjukkan bahwa alat-alat politik partisipatoris rakyat’ ditingkat lokal sama sekali tidak siap dalam pertarungan elektoral Pilkadal. Akibatnya, Pilkadal diambil alih dan dikuasai oleh alat-alat dan struktur politik milik partai atau kekuatan politik mainstream yang memiliki dukungan birokrasi dan logistik yang tak terbatas dan memang khusus disiapkan untuk Pilkadal.

Wacana, jurnal triwulan yang muncul dengan tujuan untuk menampung berbagai gagasan alternatif. Jurnal yang didedikasikan bagi transformasi sosial sekaligus penguatan masyarakat sipil ini berkeinginan untuk mendorong lahirnya tata masyarakat yang berkeadilan sosial dan demokratis.

Agar memiliki relevansi dan danpak langsung bagi transformasi masyarakat, tema dalam setiap edisi mengutamakan isu-isu aktual serta memberi ruang bagi lahirnya teori baru. Lewat Wacana, selain gagasan alternatif, masyarakat juga akan didorong untuk memiliki keberpihakan pada kaum marjinal guna terwujudnya nilai-nilai keadilan sosial. Dengan dukungan dari berbagai kalangan, Wacana hendak berdiri sebagai elemen kritis masyarakat sipil dalam menyikapi berbagai isu maupun peristiwa yang berlangsung.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →