Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Prinsip Umum Menyusun Laporan Keuangan

Oleh   /   Selasa 1 Juli 2014  /   Tidak ada komentar

PSAK-IFRS adalah standar pembuatan laporan keuangan yang wajib digunakan untuk semua jenis perusahaan berskala besar hingga internasional.

KeuanganLSM

Prinsip Umum Menyusun Laporan Keuangan

Dalam menyusun laporan keuangan, prinsip umum yang berlaku di dalamnya juga harus diperhatikan. Hal ini sangat ditekankan agar pihak-pihak yang terkait dalam penyusunan laporan keuangan tidak memiliki interpretasi ganda saat membaca laporan keuangan yang dibuat. Nah, prinsip umum ini pada intinya mengacu pada standar pembuatan laporan keuangan, yaitu PSAK-IFRS dan SAK-ETAP.

PSAK-IFRS adalah standar pembuatan laporan keuangan yang wajib digunakan untuk semua jenis perusahaan berskala besar hingga internasional. Standar ini mulai diberlakukan pemerintah pada tanggal 1 Januari 2012. Sedangkan, SAK-ETAP adalah standar pembuatan laporan keuangan yang khusus digunakan untuk semua jenis perusahaan berskala kecil hingga menengah, seperti toko kelontong, warung kaki lima, UKM, konter hand phone, dan sebagainya, yang tidak memiliki akuntabilitas publik. Standar ini mulai diberlakukan pemerintah pada tanggal 1 Januari 2011.

Ini beberapa persamaan dan perbedaan PSAK-IFRS dengan SAK-ETAP di dalam penyusunan laporan keuangan, sebagaimana yang disebutkan di dalam salah sebuah website beralamat http://yunan1.comitag/psak-etapi.

Disarikan dari buku: Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan, Penulis: Akifa P. Nayla, Hal: 24.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Kampanye Dengan Uang Haram (2/2)

Selengkapnya →