Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Produksi Berbasis Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Part 7

Oleh   /   Jumat 29 April 2016  /   Tidak ada komentar

Pemanfaatan sumber daya alam selalu menjadi ruang kompetisi produksi berbasis modal yang sebagian besar akan dikuasai oleh kekuatan kapital dan jaringan pasar yang dimiliki pihak swasta.

bakal keuLSM

Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa

Produksi berbasis pemanfaatan sumber daya alam akan dilakukan oleh masyarakat Desa. Selama ini pemanfaatan sumber daya alam selalu menjadi ruang kompetisi produksi berbasis modal yang sebagian besar akan dikuasai oleh kekuatan kapital dan jaringan pasar yang dimiliki pihak swasta. Keberpihakan BUM Desa pada usaha produktif masyarakat hanya dapat memberikan penguatan pada kapasitas ekonomi produktif masyarakat Desa, namun tidak dapat memberikan kunci pemenangan atas kompetisi pasar pemanfaatan sumber daya alam lokal yang selama ini terjadi. Masyarakat Desa tetap tidak akan mampu bersaing dengan pihak swasta jika tidak memperkuat kelembagaan ekonominya.

Koperasi produksi, sebagai salah satu jenis koperasi di Indonesia, perlu dibangun bagi penguatan kelembagaan produksi masyarakat Desa. Koperasi bukan merupakan kumpulan modal belaka, koperasi merupakan kumpulan orang yang memiliki tujuan dan jenis usaha yang sama. Koperasi merupakan badan hukum yang berorientasi pada pemupukan laba dengan pembagian sisa hasil usaha bagi para anggotanya. Pada BUM Desa, masyarakat Desa tidak secara langsung melakukan penyertaan modal dan juga tidak secara langsung memperoleh keuntungan/hasil usaha.

Pada Koperasi, masyarakat wajib untuk menyisihkan sebagian hartanya bagi simpanan pokok dan simpanan wajib Koperasi, terlibat langsung dalam segenap proses produksi dan dapat menikmati sisa hasil usaha pada setiap periode pembagiannya. Koperasi produksi masyarakat Desa akan dapat menjadi lembaga produksi bersama masyarakat Desa, bersaing (ataupun berkolaborasi) dengan pihak swasta dalam pemanfaatan sumber daya alam lokal yang dimiliki masing-masing Desa.

Tanpa pengembangan koperasi produksi masyarakat Desa maka penguatan BUM Desa semata tidak akan mampu menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat secara hakiki. Koperasi produksi masyarakat desa akan melengkapi keutuhan konsep BUM Desa yang saat ini sedang dikembangkan. Gambar sederhana berikut akan menterjemahkan sudut pandang ini:bumKonstalasi yang tergambar pada halaman sebelumnya menunjukkan bahwa jika ruang-ruang pengambilan posisi dan peran dapat dipahami dengan baik oleh setiap warga Desa, maka masyarakatlah yang akan menjadi aktor utama perekonomian Desa.

Dalam pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki, masyarakat Desa harus memperkuat kelembagaan produksi kolektif melalui pengembangan bentuk koperasi produksi, sembari memaknai keterlibatannya pada siklus tata pemerintahan Desa dan dalam upaya pengembangan BUM Desa sebagai penyedia layanan umum dan pendukung usaha produksi kelompok-kelompok masyarakat.

Silahkan unduh file Pdf Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM agar Manfaatkan Teknologi

Selengkapnya →