Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Program Bantuan Sosial Pemerintah

Oleh   /   Rabu 4 Februari 2015  /   Tidak ada komentar

Program Bantuan Sosial Pemerintah seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Pupuk Bersubsidi, Beras Miskin (Raskin), PKH merupakan komponen penting pendukung pembangunan di Indonesia yang berbasis desentralisasi saat ini.

keuanganLSM

Program Bantuan Sosial Pemerintah

Program Bantuan Sosial Pemerintah seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Pupuk Bersubsidi, Beras Miskin (Raskin), PKH merupakan komponen penting pendukung pembangunan di Indonesia yang berbasis desentralisasi saat ini. Walaupun program-program bantuan sosial tersebut dilaksanakan oleh pemerintah pusat, namun pada kenyataannya sangat signifikan terhadap keberhasilan pemerintah-pemerintah daerah di Indonesia dalam mencapai tujuan desentraslisasi, khususnya untuk menjamin keterpenuhan pelayanan dasar bagi masyarakat daerah.

Beberapa program bantuan sosial pemerintah, dalam berbagai riset dan evaluasi yang dilakukan oleh beberapa lembaga riset, universitas, dan lembaga pembangunan internasional, menunjukkan bahwa program-program tersebut dapat mengurangi kemiskinan, kerentanan sosial masyarakat dan kegagalan pelayanan publik. Program-program bantuan sosial, seperti Program BOS, Program Raskin dan Program Pupuk Bersubsidi telah menjadi instrumen penting untuk mencapai outcome tersebut di sebagian besar wilayah di Indonesia. Program BOS telah dapat meningkatkan kepastian anak usia sekolah untuk mendapatkan kesempatan belajar secara mudah. Program Raskin telah mampu mengurangi kerentanan masyarakat miskin atas kebutuhan pangan, sehingga kasus-kasus kelaparan tidak merajalela di Indonesia. Sedangkan Program Pupuk Bersubsidi telah mampu membantu petani miskin untuk tetap berproduksi dengan modal yang relatif dapat mereka jangkau.

Dalam konteks itu juga, Pemerintah Indonesia berupaya terus memberikan daya dukung terhadap kemampuan ekonomi dasar masyarakat seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), program subsidi beras bagi keluarga miskin (Raskin), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), subsidi harga pupuk bagi petani dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Upaya-upaya pengucuran stimulus dan program subsidi ini juga diharapkan memberikan kontribusi pada pencapaian pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Disarikan dari buku: Manual Audit Sosial Multi Stakeholder, Penulis: Ilham Cendekia Srimarga, Muchammad Fahazza, Widi Heriyanto, Hal: 1-2.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Kampanye Dengan Uang Haram (2/2)

Selengkapnya →