Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Website  >  Artikel saat ini

Pusat Pemilihan Akses penyandang cacat (PPUA PENCA)

Oleh   /   Jumat 26 Februari 2016  /   Tidak ada komentar

Panitia Pemilihan Akses Penyandang cacat

Pusat Pemilihan Akses penyandang cacat (PPUA PENCA)

Terbentuknya Panitia Pemilihan Umum Akses Penyandang Cacat (PPUA Penca) 2004 di dorong oleh rasa keprihatinan atas kurangnya perhatian, perlindungan dan tidak adanya kesetaraan dalam pemenuhan hak berpolitik bagi kelompok pemilih penyandang cacat.

Keprihatinan tersebut dilandasi fakta riil bahwa Pemilu yang telah berlangsung selama ini tidak adil dan diskriminasi khususnya bagi kelompok pemilih penyandang cacat. Hal ini terlihat dalam berbagai kasus sebagai contoh : untuk pemilih penyandang cacat netra mereka didampingi oleh panitia pemilihan, bukan orang yang ditentukan oleh pemilih itu sendiri.

Dan tidak adanya sangsi hukum bagi tidak terlaksananya azaz rahasia, disamping semakin memperbesar peluang untuk merekayasa dan memanipulasi suara oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Bagi kelompok pemilih penyandang cacat kursi roda, kelompok ini dalam pemilu sebelum 2004 sama sekali tidak dapat secara langsung mempergunakan hak suaranya karena tidak tersedianya bilik suara yang akses bagi pemilih berkursi roda.

Mewujudkan aspirasi hak- hak politik Penyandang cacat dalam Pemilu  agar lebih terjamin dan terlindungi,  atas dasar kesetaraan dan kesamaan hak dalam menyalurkan hak untuk dipilih dan hak untuk memilih secara mandiri, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, aksesibel dan non diskriminasi.

Kunjungi Situs

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

pusat kajian pemerintah dan pembangunan desa

Lembaga Pusat Kajian Pemerintahan dan Pembangunan Daerah

Selengkapnya →