Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Rasio Membantu Proses Pengambilan Keputusan

Oleh   /   Jumat 15 Mei 2015  /   Tidak ada komentar

Dalam proses memulai suatu bisnis, seluruh uang yang berasal dari penjualan saham akan terlihat pada “Modal pemegang saham” sebagai modal disetor atau saham biasa, dan pada “Aktiva lancar” sebagai kas.

keuanganLSM

Rasio Membantu Proses Pengambilan Keputusan

Laporan keuangan perusahaan korporasi (tidak seperti kemitraan dan kepemilikan tunggal) meliputi modal saham. Manajemen perusahaan korporasi harus melaporkan keadaan perusahaan kepada pemilik, yaitu para pemegang saham. Salah satu teknik yang digunakan adalah rasio modal saham. Manajemen juga harus berlatih untuk mengatasi hutang, dan penanggungan rasio dapet membantu mereka melakukannya.

Bagian ini akan memperkenalkan berbagai rasio yang akan membantu seorang manajer membuat keputusan sehubungan dengan penggunaan hutang dan modal. Terdapat empat rasio modal dan satu tambahan rasio hutang yang dapat membantu mengukur jumlah pembayaran bunga yang termasuk dalam pendapatan.

5-8-2015 2-03-19 PM

Rasio Modal Saham

Dalam proses memulai suatu bisnis, seluruh uang yang berasal dari penjualan saham akan terlihat pada “Modal pemegang saham” sebagai modal disetor atau saham biasa, dan pada “Aktiva lancar” sebagai kas. Selama perusaaan sedang berjalan, mungkin sebagian jumlah uang tersebut dimasukkan dalam “Laba ditahan.”

Nilai selembar saham adalah jumlah yang bersedia dibayar oleh pembeli untuk memperoleh saham tersebut.Untuk perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam bursa saham, angka tersebut adalah nilai pasarannya. Ada sejumlahfaktor yang mendukung harga tersebut. Mereka yang mencari penghasilan mungkin akan tertarik dengan dividen yang dibayarkan; sementara yang menginginkan pertumbuhan di masa mendatang mungkin akan tertarik dengan pendapatan dimasa yang akan datang.

Rasio-rasio dalam modal saham adalah: (1) laba atas ekuitas, yang mengindikasikan laba atas investasi pemegang saham, (20 rasio harga-laba, yang digunakan untuk menentukan jumlah yang bersedia dibayarkan oleh para investor potensial sebelum melakukan investasi, (3) tingkat kapitalisasi, yang merupakan perbandingan terbalik dari rasio harga-laba; yaitu pendapatan per lembar saham mengukur pendapatan untuk setiap lembar saham umum; ini adalah jumlah yang bisa diberikan untuk tiap pemegang saham jika manajemen memilih untuk membayarkan semuanya.

Halaman selanjutnya akan memperlihatkan neraca dan laporan rugi-laba JOG Corporation. Rasio-rasio akan dihitung dengan menggunakan angka-angka dari laporan tersebut.

5-8-2015 2-03-51 PM

5-8-2015 2-04-15 PM

Disarikan dari buku: Dasar-Dasar Analisis Keuangan, Penulis: James O. Gill, Hal: 67-70.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Kampanye Dengan Uang Haram (2/2)

Selengkapnya →