Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Saran-Saran dalam Membuat Anggaran

Oleh   /   Sabtu 9 Februari 2013  /   Tidak ada komentar

Secara umum, proyek jangka panjang memerlukan anggaran diproyeksikan untuk beberapa tahun. Tahun-tahun setelah tahun pertama harus memasukkan inflasi, tetapi harus tetap berdasarkan rencana aksi.

keuangan LSM

Saran-Saran dalam Membuat Anggaran

  • Beberapa lembaga donor mempunyai petunjuk khusus dalam pembuatan anggaran, jadi pastikanlah anda sudah memeriksanya sebelum anda mengajukan anggaran.
  • Secara umum, proyek jangka panjang memerlukan anggaran diproyeksikan untuk beberapa tahun. Tahun-tahun setelah tahun pertama harus memasukkan inflasi, tetapi harus tetap berdasarkan rencana aksi. Contohnya, anggaran tiga tahunan harus berdasarkan rencana tiga tahunan.
  • Setiap anggaran harus memasukkan sumbangan dalam bentuk apapun (barang-barang maupun jasa yang diberikan kepada organisasi tanpa biaya). Misalnya penggunaan komputer atau kantor. Juga perlu dimasukkan pendapatan yang diharapkan dari pejualan barang-barang dalam suatu kegiatan, seperti penjualan majalah dalam kegiatan penerbitan. Hal-hal tersebut mengurangi biaya keseluruhan dan menunjukan kepada lembaga donor bahwa organisasi anda juga telah bekerja untuk menutup sebagian anggaran.

Anggaran tahunan bisa digunakan sebagai alat monitoring, bagilah menjadi anggaran bulanan sehingga anda bisa memantau pemasukan dan pengeluaran anda dengan lebih baik dan mengetahui jika ada selisih.

  • Biaya yang dimasukkan dalam anggaran harus berdasarkan perkiraan yang diketahui. Beberapa lembaga donor mensyaratkan tiga surat tender dari tiga penjual/pedagang untuk membuktikan harga pasar dari peralatan atau jasa dalam jumlah tertentu. Anda bisa menghubungi beberapa penjual/pedagang untuk mendapatkan harga yang terbaru. Pastikanlah anda mencantumkan kenaikan harga yang diketahui, misalnya kenaikan gaji pegawai.
  • Jangan lupa memasukkan biaya administrasi (sewa, staf, waktu) dan monitoring, pelaporan, serta evaluasi pada kolom kegiatan. Tetapi anda juga harus sadar bahwa anda tidak bisa sangat persis – biaya lain-lain bisa dimasukkan, biasanya sekitar 5 -10% dari keseluruhan biaya.
  • Sangat baik jika anda selalu mencatat secara detail bagaimana anda sampai pada suatu perhitungan angka/biaya sehingga ketika ditanya oleh lembaga donor, anda bisa menjelaskan perincian tiap-tiap item. Contohnya, biaya lokakarya bisa mencakup fotokopi, makanan, kaos bagi peserta, dll. Sebagai tambahan, beberapa lembaga donor bisa memberi biaya ekstra untuk menutup inflasi yang lebih besar daripada persentase yang diperkirakan, jika disertai catatan yang akurat.
  • Anggaran tahunan bisa digunakan sebagai alat monitoring, bagilah menjadi anggaran bulanan sehingga anda bisa memantau pemasukan dan pengeluaran anda dengan lebih baik dan mengetahui jika ada selisih.
  • Karena beberapa lembaga donor mempunyai petunjuk yang berbeda-beda dan ada beberapa lembaga donor yang terlibat bersama-sama, maka sangatlah penting untuk memiliki satu dokumen anggaran keseluruhan yang menunjukkan semua kegiatan keuangan organisasi. Kemudian jika sebuah lembaga donor membutuhkan format khusus, maka organisasi anda bisa mengambil informasi dari anggaran keseluruhan yang sesuai dengan dokumen lembaga donor tersebut.
  • Banyak lembaga donor yang akan terlebih dahulu melihat anggaran yang disertakan dalam proposal, jadi jangan coba-coba melebihkan biaya atau mereka tidak akan membaca seluruh proposal anda.
  • Pastikanlah ada pihak ketiga yang memeriksa kesalahan anggaran dan kekeliruan penghitungan. Anggaran yang mengandung kesalahan-kesalahan kecil tidak akan mengesankan lembaga donor.

Disarikan dari buku: Buklet Penganggaran (Buklet 3 dari 11 Seri Pengerahan Sumber Daya), Penulis: Nina Doyle, Halaman: 17-18.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Membuat SDM Dihargai

Selengkapnya →