Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita  >  Artikel saat ini

SDM Koperasi & UKM Dapat Diklat Manajerial

Oleh   /   Senin 28 April 2014  /   Tidak ada komentar

Pemerintah terus menggalakkan program peningkatan kualitas SDM koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah melalui pelatihan keterampilan teknis, vocational serta ketrampilan teknis dan manajerial.

KeuanganLSM

SDM Koperasi & UKM Dapat Diklat Manajerial

Sumber: http://www.depkop.go.id/, Senin, 17 Maret 2014

Jakarta — Pemerintah terus menggalakkan program peningkatan kualitas SDM koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah melalui pelatihan keterampilan teknis, vocational serta ketrampilan teknis dan manajerial.

Selain itu masyarakat terkait dengan gerakan perkoperasian juga ditingkatkan kualitas SDM-nya. Total SDM yang akan menerima peningkatan kapasitas itu, Jumat (14/03) sebanyak 330 orang yang berasal dari Solo, Sragen, dan Karanganyer.

Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan, pelatihan dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan disiplin ilmu yang menjadi fokus masing-masing peserta.

”Sebanyak 120 orang pemuda dan mahasiswa/mahasiswi mengikuti pelatihan tentang perkoperasian.  Selain itu ada pelatihan perkoperasian  bagi masyarakat kelompok strategis yang melibatkan sebanyak 60 orang,” katanya.

Kegiatan lainnya adalah pelatihan vocational di bidang packaging dan handycraft yang diikuti  sebanyak 90 orang peserta.  Pelatihan di bidang manajerial koperasi simpan pinjam (KSP)melibatkan sebanyak 60 orang.

”Kegiatan ini diselenggarakan Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Surakarta, Sragen, dan Karang anyar, Jawa Tengah. ”

Budi Mustopo, Asisten Deputi Urusan Peranserta Masyarakat, menambahkan, pada tahun ini semua daerah yang mempunyai SDM di bidang perkoperasian dan usaha mikro, kecil dan menengah, serta masyarakat yang terkait dengan kegiatan KUMKM, akan mendapat giliran.

”Pemerintah menginginkan pemahaman tentang dunia koperasi dan usaha sektor riil bisa memahami berbagai persoalan yang dihadapi. Melalui pelatihan ini mereka bisa mendorong kegiatan usaha sektor riil agar makin berkembang,” katanya.

Karena itu, instruktur yang memberi pembekalan bagi peserta di setiap daerah terdiri dari beberapa unsur, yakni dari praktisi, akademisi sampai pejabat Dinas Koperasi dan UKM setempat. Sebab, salah satu dasar kegiatan itu berasal dari masing-masing dinas daerah.

Kegiatan kali ini berasal dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sragen, Surakarta, dan Karanganyar, perihal permohonan Diklat dan Bimtek untuk peningkatan kualitas SDM dan manajemen perkoperasian dan UMKM.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Perlu Serap Digital

Selengkapnya →