Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

SDM sebagai Sahabat Karyawan

Oleh   /   Jumat 27 Juli 2018  /   Tidak ada komentar

Pihak SDM juga sering menjadi departemen yang bertugas menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Merekalah yang diserahi tanggung jawab mengadakan acara-acara bersama yang memperingati pencapaian penting, hari penting, dan orang-orang penting di perusahaan.

keuanganLSM

SDM sebagai Sahabat Karyawan

Pihak SDM juga sering menjadi departemen yang bertugas menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Merekalah yang diserahi tanggung jawab mengadakan acara-acara bersama yang memperingati pencapaian penting, hari penting, dan orang-orang penting di perusahaan. Di banyak perusahaan, SDM juga melakukan berbagai kegiatan untuk menghasilkan teamwork, motivasi, inovasi, kreativitas, dan hal-hal lain yang mendukung tercapainya sukses perusahaan. Pesta-pesta pora di istana raja-raja, kemungkinan besar dilakukan oleh orang-orang SDM.

SDM juga merupakan departemen yang paling bertanggung jawab untuk pengembangan karyawan. Ini tidak mudah dan tidak murah. Setiap posisi membutuhkan ilmu yang berbeda-beda dan alat-alat yang berbeda-beda. Wajarlah bahwa karyawan membutuhkan ilmu-ilmu itu. Namun, tidak jarang karyawan meminta ilmu yang tidak jelas hubungannya dengan pekerjaannya.

SDM bisa mengerti bila seorang supervisor mesin mobil ingin belajar tentang kepemimpinan. Tetapi, SDM akan sulit menyetujui permintaan dari supervisor tadi untuk mengikuti kursus menembak. Oleh sebab itulah, SDM memiliki tugas mengumpulkan data tentang kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Berhubung jumlah perusahaan yang memberikan berbagai ilmu itu berjumlah sangat banyak, SDM juga harus mengenali setiap perusahaan pelatihan itu agar peserta tidak kecewa. Perusahaan yang melatih desain mesin, misalnya, tidak perlu diundang untuk memberikan pelatihan cara melakukan pertemuan yang efektif.

Disarikan dari buku: Mengapa Departemen SDM Dibenci?, Penulis: Steve Sudjatmiko, Hal:21.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Karakteristik LSM

Selengkapnya →