Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Siklus Akuntansi Organisasi Nirlaba (2/5)

Oleh   /   Kamis 4 Juli 2013  /   Tidak ada komentar

Akun adalah nama suatu kelompok seperti dalam persamaan dasar akuntansi yang spesifik sehingga dapat dibedakan untuk tujuan pelaporan. Akun yang sifatnya tersendiri dan mempunyai pengaruh tertentu dalam pengambilan keputusan harus dipisahkan dari akun yang lain.

keuanganLSM

Siklus Akuntansi Organisasi Nirlaba

Jurnal

Pencatatan transaksi dari bukti dasar dilakukan dalam proses penjurnalan. Setiap transaksi dicatat dalam ayat jurnal tersendiri. Transaksi dicatat dalam suatu Buku Jurnal Umum. Ayat jurnal ini harus menginformasikan:

a)     Tanggal transaksi;

Tanggal transaksi adalah tanggal nyata terjadinya suatu transaksi atau bisa diakuinya suatu transaksi menurut ketentuan akuntansi yang lazim. Karena menganut dasar akrual, tanggal transaksi dicatat sesuai dengan kejadiannya, bukan berdasarkan kapan dibayar atau diterima pembayarannya, bukan juga berdasarkan tanggal pencatatannya.

b)     Akun yang dipengaruhi oleh transaksi beserta jumlah nominalnya;

Akun adalah nama suatu kelompok seperti dalam persamaan dasar akun-tansi yang spesifik sehingga kita dapat membedakannya untuk tujuan suatu pelaporan. Akun yang sifatnya tersendiri dan mempunyai pengaruh tertentu dalam pengambilan keputusan harus dipisahkan dari akun yang lain.

Karena menganut dasar akrual, tanggal transaksi dicatat sesuai dengan kejadiannya, bukan berdasarkan kapan dibayar atau diterima pembayarannya, bukan juga berdasarkan tanggal pencatatannya.

c)     Keterangan transaksi.

Keterangan transaksi mutlak diperlukan agar pembaca laporan akuntansi dapat mengetahui rincian kejadian yang sebenarnya dari transaksi tersebut, sebelum melihat ke dalam bukti dasar.

d)     Referensi untuk posting

Kolom referensi posting pada jurnal umum biasanya diisi dengan kode akun. Tujuannya adalah mempermudah pada saat melakukan posting ke dalam buku besar.

Dalam organisasi nirlaba terdapat beberapa transaksi rutin yang sering terjadi dan perlu dibuat jurnalnya. Transaksi tersebut antara lain:

  1. Penerimaan/Pengeluaran Kas/Bank
  2. Transfer Dana Antar Rekening
  3. Pembayaran Implementasi Program
  4. Penerimaan Sumbangan
  5. Pembelian Alat Tulis Kantor (ATK) dan Bahan Habis Pakai
  6. Pembayaran Uang Muka
  7. Pertanggungjawaban Uang Muka
  8. Pembayaran Beban Administrasi Kantor

Cara menjurnal transaksi-transaksi rutin di atas selengkapnya dapat diunduh pada halaman download topik Akuntansi di sini.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Membuat SDM Dihargai

Selengkapnya →