Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Standar Akuntansi Keuangan Per 1 Juni 2012

Oleh   /   Kamis 22 November 2012  /   2 Komentar

Dengan perubahan tersebut, dalam beberapa PSAK dan ISAK terdapat panduan lebih rinci dan contoh penerapan ketentuan standar akuntansi keuangan, misalnya dalam bentuk pedoman implementasi, contoh ilustrasi, dan lainnya.

keuangan LSM

Standar Akuntansi Keuangan Per 1 Juni 2012

Penerbit: Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), 2012.

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) per 1 Juni 2012 merupakan kompilasi produk-produk yang dikeluarkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan – Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK-IAI) sebagai hasil program konvergensi International Financial Reporting Standards (IFRS) tahap pertama yang dimulai sejak 2007. Di dalamnya mencakup produk standar yaitu Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Pernyataan Pencabutan Standar Akuntansi keuangan (PPSAK), dan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) serta produk nonstandard yaitu Buletin Teknis (Bultek).

Ciri khas SAK saat ini adalah bersifat principle-based, banyak menggunakan nilai wajar, memerlukan pertimbangan professional, dan pengungkapan yang semakin banyak. Sementara SAK sebelumnya bersifat rule-based, banyak menggunakan nilai historis, tidak banyak pertimbangan professional, dan pengungkapan yang lebih sedikit.

Dengan perubahan tersebut, dalam beberapa PSAK dan ISAK terdapat panduan lebih rinci dan contoh penerapan ketentuan standar akuntansi keuangan, misalnya dalam bentuk pedoman implementasi, contoh ilustrasi, dan lainnya. Hal ini untuk memudahkan pemahaman atas ketentuan pokok dalam SAK.

Penyusunan SAK per 1 Juni 2012 ini sebagian besar mengacu pada IFRS dan dilengkapi dengan beberapa ketentuan akuntansi yang tidak diatur di IFRS, seperti transaksi entitas sepengendali, kontrak asuransi kerugian dan jiwa, serta pelaporan keuangan entitas nirlaba.

    Cetak       Email

2 Comments

  1. hendro berkata:

    Ada yang punya buku Standar Akuntansi Keuangan Per 1 Juni 2012, seken atau softcopynya ? saya memerluka untuk keperluan thesis saya.
    mohon bantuannya

  2. Endra M Yusuf berkata:

    Selamat pagi
    Sodara bisa lihat di link berikut: http://iaicabangsolo.wordpress.com/2012/07/05/telah-terbit-sak-per-1-juni-2012/ dan http://www.iaiglobal.or.id/berita/detail.php?id=422
    Semoga informasi ini bisa membantu sodara.

    Salam,
    Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →