Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Standarisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Oleh   /   Selasa 13 Desember 2011  /   Tidak ada komentar

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya.

keuangan LSM

Standarisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Jurnal Galang: Vol. 3, No. 3, Desember 2008
Penerbit: PIRAMEDIA, 2008

Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia nampaknya baru merupakan trend dan masih bersifat parsial dalam kurun kurang lebih satu dasawarsa ke belakang. Apalagi untuk menyebutkan sebagai gerakan CSR.

Meski demikian berkembangnya diskusi seputar wacana dan praktek CSR dalam lima tahun terakhir perlu disambut dengan positif dalam rangka ikut serta mengukuhkan bahwa adanya tanggung jawab bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di tengah masyarakat.

Konsep CSR perlu untuk terus mendorong implementasinya di perusahaan yang secara langsung mengeksplorasi sumber daya alam maupun perusahaan yang menggunakan atau memanfaatkan sumber daya dan energi alam. Kesemuanya itu membutuhkan kesadaran bersama akan kelangsungan alam, bumi dan semesta agar nantinya bisa diwariskan ke anak cucu. Kesadaran seperti inilah yang semestinya mengikat baik kepada pemilik maupun pengelola perusahaan untuk selalu peduli.

Edisi Galang kali ini mengetengahkan tema besar seputar kecenderungan terjadinya Institusionalisasi terhadap praktik CSR. Meskipun tema CSR pernah kami angkat sebelumnya, namun kali ini kami ingin menyoroti lebih dalam dan menelisik kepada pelembagaan CSR untuk dilihat, dipahami, diimplemantasikan serta direfleksikan kembali.

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization), serta perkembangan masyarakat madani dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial. Jurnal tiga bulanan ini akan memaparkan tulisan hasil penelitian, studi kasus, telaah ilmiah, review buku, dan wawancara baik dari narasumber/penulis dalam dan luar negeri.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →