Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Penggalangan Dana  >  Artikel saat ini

Strategi Keberhasilan Direct Mail

Oleh   /   Kamis 5 Desember 2013  /   Tidak ada komentar

Organisasi anda merupakan unsur yang paling penting dalam beberapa program direct mail. Separuh tanggapan untuk direct mail ditentukan oleh riwayat organisasi, kekuatan pesan, hubungan kerja organisasi dengan permasalahan di masyarakat luas, dan jumlah publisitas yang anda peroleh.

keuanganLSM

Strategi Keberhasilan Direct Mail

Organisasi anda merupakan unsur yang paling penting dalam beberapa program direct mail. Separuh tanggapan untuk direct mail ditentukan oleh riwayat organisasi, kekuatan pesan, hubungan kerja organisasi dengan permasalahan di masyarakat luas, dan jumlah publisitas yang anda peroleh. Separuh respon yang lain dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berhubungan dengan program direct mail untuk pencarian dana anda.

Proses
Direct mail untuk pencarian dana adalah suatu proses, tidak terjadi dengan tiba-tiba. Ini merupakan cara anda untuk membangun kekuatan, hubungan saling menghargai kepada banyak lembaga dana, tanpa perlu bertatap muka dengan mereka.

Jangka Panjang
Penghargaan dalam direct mail hanya terjadi dalam jangka panjang. Imbal Hasil investasi (Return on Invesment) yang nyata mungkin berupa terkabulnya permintaan bertahun-tahun yang lalu dari salah satu dari ratusan atau ribuan lembaga dana. Namun keberhasilan program pencarian dana dengan direct mail mengharuskan anda menyediakan berbagai cara yang berbeda-beda untuk melibatkan lembaga dana, sebagai sukarelawan atau aktivis, bukan hanya mendukung secara finansial. Dan anda perlu menyediakan berbagai cara yang berbeda-beda untuk orang-orang dan jaringan agar mendukung anda secara finansial.

Efektivitas Biaya
Biaya proyek pencarian dana melalui direct mail kurang penting dibandingkan dengan efektivitas biaya aktualnya. Keduanya sangat berbeda. Kadang-kadang tidak apa-apa menghabiskan dana lebih banyak untuk mencari dana dari lembaga-lembaga dana yang sangat potensial.

Daftar
Sejauh ini, aspek yang paling penting dari kampanye pencarian dana melalui direct mail adalah daftar orang yang akan dikirimi surat. Pengiriman surat yang efektif kepada orang-orang dari suatu daftar bisa mendapatkan dana sepuluh kali lipatnya dibandingkan dengan jika surat dana sepuluh kali lipatnya dibandingkan dengan jika surat tersebut dikirimkan kepada orang-orang yang masuk dalam daftar yang lain. (Lihat halaman 12 untuk saran lebih lanjut mengenai persiapan daftar)

Penawaran
Selanjutnya, yang juga penting adalah penawaran anda. Sebagai contoh, berapa banyak uang yang anda minta, bagaimana anda menjelaskan tentang pengunaan uang itu, dan keuntungan apa yang anda janjikan sebagai balasannya. Karena ada banyak penawaran yang berbeda yang mungkin anda tawarkan, ada banyak pula jenis pengiriman surat yang berbeda. Yang paling umum adalah dana tahunan atau pembaharuan keanggotaan, pengiriman surat untuk permohonan khusus dan akuisisi anggota (atau donor prospect). Tiap jenis memberikan satu penawaran khusus. (Lihat halaman 18 untuk saran lebih lanjut mengenai penawaran)

Kata-kata
Penggunaan kata-kata dalam surat permohonan anda mungkin lima persen dari keseluruhan isi surat. Sebagian besar para ahli direct mail menganggap surat itu sendiri harus menjadi satu-satunya elemen dari keseluruhan direct mail. Amplop dan seluruh isi surat tersebut seharunya memperkuat konsep utama surat permohonan anda.

Format
Ukuran, bentuk dan warna amplop serta karakter di dalamnya dan tingkat personalisasi mungkin semua itu memiliki hubungan yang signifikan dengan hasilnya. Pemilihan format yang tepat bisa jadi sama pentingnya dengan pemilihan kata, sekitar lima persen dari keseluruhan. Segala sesuatu dalam paket direct mail harus cocok semuanya agar efektif secara keseluruhan.

Desain
Saat format disusun, keterampilan desainer akan jenis huruf, warna, dan penempatannya dapat memiliki pengaruh yang sama (lima persen) terhadap hasilnya.

Segmentasi
Segmentasi adalah kunci penghematan biaya bagi pemberi dana sebelumnya berdasarkan prinsip “lain ladang lain belakang”. Dalam membuat segmentasi surat, anda memilih beberapa donor mana yang dimasukan dan mana yang tidak, demikian juga, anda akan memberikan perlakuan khusus kepada beberapa lembaga dana (seperti penghargaan secara pribadi, pos kelas satu, atau bahan-bahan yang berkualitas tinggi). Kriteria terpenting yang digunakan dalam pengambilan keputusan mengenai siapa memperoleh apa adalah: bagaimana sekarang, seberapa sering, berapa jumlah sumbangan, dan cara apa yang benar-benar dipakai untuk memperoleh dana anda. Sebagai contoh, ada kemungkinan terjadi perbedaan besar antara lembaga dana yang pertama kali menanggapi iklan layanan masyarakat di televisi dengan mereka yang direkrut dengan surat. (Lihat halaman 12 untuk saran lebih lanjut mengenai segmentasi daftar).

Pemberian tahunan
Matoritas kesuksesan program-program pencarian dana melalui direct mail berasal dari pemberian tahunan atau program pengembangan keanggotaan. Ini mungkin cara yang paling efektif untuk mewujudkan tehnik pencarian dana melalui direct mail yang penuh potensi. Dalam program keanggotaan, seperti dalam proses pembaharuan berlanganan majalah-rerangkaian pembaharuan merupakan elemen dasar. Penggunaan tiga rangkaian, lima rangkaian atau lebih berhubungan dengan tiap-tiap anggota, anda dapat mempengaruhi sebanyak mungkin anggota untuk memperbaharui keanggotaannya tiap tahun.

Pengujian
Dengan mengujian daftar-daftar alternatif, penawaran, piket, atau teknik lain, anda dapat membuat kemajuan hasil tambahan sampai dengan selesai. Tiap program pencarian dana melalui direct mail seharusnya menggunakan beberapa pengujian. Ini hanyalah cara untuk memperoleh manfaat dari salah satu keuntungan terbesar direct mail anda dapat mengukur hasilnya. (Lihat studi kasus pada halaman 26 untuk informasi lebih lanjut mengenai pengujian)

Pengulangan
Gambar-gambar yang sudah biasa akan memperkuat apa yang anda sampaikan dan membantu anda dalam menekankan pesan yang kabur dari ribuan pesan pesaing yang disampikan kepada lembaga dana setiap hari.

Pencatatan yang Terus Menerus
Dengan pencatatan yang terus menerus, anda akan memperoleh semua manfaat direct mail: terukur, penggunaan segmentasi yang tepat dan kemampuannya untuk menghasilkan banyak informasi mengenai lembaga dana sepanjang tahun. Program pencarian dana melalui direct mail yang efektif memerlukan suatu investasi waktu, pikiran, dan biaya yang efisien, serta sistem pencatatan terus menerus dengan komputer.

Disarikan dari buku: Buklet Sumber Dana Kreatif (Buklet 5 dari 11 Seri Pengerahan Sumber Daya), Penulis: Nina Doyle (VSO) & Deborah Nolan (CUSO), Halaman: 6-10.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Gaya Penulisan Proposal Permohonan Dana

Selengkapnya →