Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Umum  >  Artikel saat ini

ADB: Sumber Dana Bank Pembangunan Asia (ADB)

Oleh   /   Kamis 24 November 2011  /   Tidak ada komentar

Modal saham ADB sebesar US 1,209 juta. Setelah diberikan peningkatan otorisasi jumlah modal dan berbagai fluktuasi di mata uang dunia, maka total otoritas modal saham ADB pada 31 Desember 1974 adalah US $ 3.366 juta, dan lebih dari US $ 2,761 juta telah disetorkan.

keuangan LSM

Anggaran Dasar ADB menyebutkan adanya sumber finansial lain, yaitu dana khusus (special funds)

Sumber-sumber finansial ADB terdiri dari:

  • Modal dan pinjaman pihak luar ADB

Modal saham ADB sebesar US 1,209 juta. Setelah diberikan peningkatan otorisasi jumlah modal dan berbagai fluktuasi di mata uang dunia, maka total otoritas modal saham ADB pada 31 Desember 1974 adalah US $ 3.366 juta, dan lebih dari US $ 2,761 juta telah disetorkan. Dari sejumlah modal yang disetor tersebut, sebagian berbentuk modal dibayar, dan sisanya digolongkan sebagai modal cadangan (callable capital). Modal cadangan diinvestasikan dalam bentuk surat-surat berharga ADB, dan itu merupakan salah satu fasilitas ADB dalam kegiatannya mencari pinjaman dari pasar-pasar modal di seluruh dunia.

Modal dibayar sebagian berbentuk mata uang yang dapat ditukar (convertible) atau dalam bentuk emas, dan sisanya dalam mata uang lokal.

ADB dapat meningkatkan sumber dananya dengan cara:

  1. Meningkatkan jumlah modal yang dimilikinya. Minimal dua pertiga suara dari Dewan Komisaris dapat mensahkan peningkatan modal saham.
  2. Melaksanakan pinjaman dari pihak luar. ADB dapat memperoleh dana dengan cara antara lain, menjual surat-surat berharga dengan negara-negara anggota atau lainnya, dengan persetujuan pemerintah negara yang bersangkutan.
  • Dana-dana khusus yang diadakan/diterima oleh ADB

Anggaran Dasar ADB menyebutkan adanya sumber finansial lain, yaitu dana khusus (special funds). ADB dapat menerima kontribusi untuk special funds, berdasarkan persetujuan yang dibuat dengan para penyumbang sepanjang konsisten dengan tujuan dan fungsi ADB. ADB dapat menyisihkan lebih dari 10% dari modal dibayarnya untuk dimasukkan ke dalam dana khusus, sepanjang digunakan untuk tujuan-tujuan penyaluran dana yang diizinkan, dengan syarat didukung oleh suara masuk minimal dua pertiga suara dari Dewan Komisaris yang mewakili paling tidak tiga perempat suara dari total hak suara anggota. Anggaran Dasar menyebutkan bahwa dana khusus ADB harus dikelola, dimanfaatkan, dan serta diinvestasikan, dan yang sumbernya dapat berasal dari modal ADB.

Disarikan dari buku: Kelembagaan Perbankan, penulis: Dr. Thomas Soyatno, M.M., dkk, halaman: 107-109.

    Cetak       Email
  • Publish: 6 tahun ago on Kamis 24 November 2011
  • By:
  • Last Modified: Januari 8, 2013 @ 9:16 am
  • Filed Under: Umum
  • Tagged With: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Tahapan Penyusunan Anggaran Desa

Selengkapnya →