Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Teori Organisasi

Oleh   /   Selasa 2 Agustus 2011  /   Tidak ada komentar

keuangan LSM

Teori Organisasi

Penulis: Gudono, Ph.D.

Penerbit: Pensil Press, 2009

Setiap teori memiliki kisah dan sejarah. Di dalamnya ada tokoh-tokoh, ada perdebatan, ada konflik, dan bahkan mungkin juga ada penghancuran paradigma. Kisahnya bisa tidak kalah seru dibanding cerita novel. Apabila jika dikaitkan dengan ideologi yang sering sangat mempengaruhi pandangan teoritis seseorang tentang organisasi. Itulah sebabnya mengapa penulis menggunakan pendekatan historis-strukturalisme dalam menulis buku ini. Pendekatan tersebut dipilih karena penulis tahu tanpa memahami latar belakang sejarah dan perdebatan filosofis dibelakang kelahiran sebuah teori, teori hanya merupakan rangkaian kata-kata yang tidak menarik dan mengkin kurang bisa kita pahami prediksinya ataupun simpulannya.

Dalam buku ini tidak ada data empiris kuantitatif yang dibicarakan (dan sama sekali tidak dimaksudkan untuk itu). Yang akan Anda temui adalah pendapatan hasil “kontemplasi” filosofis banyak tokoh manajemen atau sosial tentang organisasi. Akan banyak “pertempuran ide” yang dibahas, karena memang itulah hakekat pendekatan strukturalisme. Banyak kutipan langsung dari bahasa aslinya agar pembaca bisa menyelami sendiri ruh suatu teori langsung dari pencetusnya. Penulis tidak memiliki kepentingan apapun dalam mengungkapkan kajian-kajian itu, kecuali bahwa penulis ingin memberi gambaran yang lengkap dan utuh mengenai setiap teori yang dibahas.

Semoga dengan pendekatan seperti itu para pembaca menjadi lebih terangsang untuk berpikir. Apa lagi pada saat naskah buku ini ditulis (akhir 2008) negara-negara di seluruh dunia sedang menghadapi ancaman depresi besar. Di seluruh dunia banyak perusahaan telah bangkrut dan ratusan ribu buruh kehilangan pekerjaan. Tidakkah dengan peristiwa ini saja ilmuan sosial (akuntansi dan manajemen termasuk di dalamnya) merasa tertantang untuk mengamati (menkritisi) model pembangunan dan teori-teori yang ada? Penulis berharap buku ini menjadi “oksigen baru” dalam pergulatan pemikiran ideologis tersebut. Selamat membaca.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →