Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Media  >  Artikel saat ini

Tercipta Iklim Kondusif Koperasi dan UMKM

Oleh   /   Jumat 22 Juni 2012  /   Tidak ada komentar

Iklim usaha yang kondusif, juga terindikasi dengan mulai meningkatnya akses KUMKM kepada sumber daya produktif. Hal itu, terutama berkaitan dengan jangkauan dan jenis sumber pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan usaha KUMKM.

keuangan LSM

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengklaim telah menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi pelaku koperasi dan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) sepanjang tahun lalu.

Sumber: Indonesiango, Selasa 14 Februari 2012.

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengklaim telah menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi pelaku koperasi dan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) sepanjang tahun lalu.

“Kami telah melakukan beberapa upaya sepanjang 2011, untuk meningkatkan iklim usaha yang kondusif bagi Koperasi dan UMKM,” kata Menteri Sjarifuddin Hasan di Jakarta, Senin (13/2).

Hal itu menurut dia dilakukan dalam rangka untuk mewujudkan pemberdayaan KUMKM yang lebih koordinatif dan partisipatif, didukung peningkatan peran masyarakat, berikut menyediakan regulasi nasional dan daerah yang mendukung pemberdayaan KUMKM.

Iklim usaha yang kondusif, katanya, juga terindikasi dengan mulai meningkatnya akses KUMKM kepada sumber daya produktif. “Hal itu, terutama berkaitan dengan jangkauan dan jenis sumber pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan usaha KUMKM, peningkatan akses teknologi, akses pasar dan pemasaran bagi KUMKM,” katanya.

Pihaknya juga mengaku telah mengembangkan produk dan pemasaran bagi KUMKM yang berkualitas, inovatif dan kreatif yang berdaya saing di pasar domestik maupun mancanegara.

“Kami terus berupaya meningkatkan daya saing SDM KUMKM yang memiliki kompetensi tinggi dan wirausaha yang handal, serta meningkatkan jumlah wirausaha baru yang didukung pola pengembangan kewirausahaan yang tersistem, melalui pendidikan pelatihan dan penyuluhan perkoperasian,” katanya.

Pemberdayaan KUMKM, kata Menteri, juga dilakukan melalui penguatan kelembagaan koperasi untuk mengembangkan praktek berkoperasi yang sesuai nilai, jatidiri, prinsip dan asas koperasi.

Di samping itu, dilakukan upaya peningkatan peran koperasi dan memfasilitasi perkembangan usaha anggota dan peningkatan kesejahteraan anggota.

Rencananya, tahun ini pihaknya akan melakukan upaya pengembangan keanggotaan koperasi melalui peningkatan kerjasama koperasi dan penyuluhan gerakan masyarakat sadar koperasi (GEMASKOP); pelaksanaan International Year of Cooperatives (IYC) 2012 di Indonesia; serta revitalisasi koperasi.

Selain itu, beberapa upaya lain juga terus dilakukan untuk mendukung perkembangan sektor KUMKM di Tanah Air, demikian Sjarifuddin Hasan.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

kein-kenaikan-kredit-umkm-bisa-jaga-pertumbuhan-ekonomi-ri

KEIN: Kenaikan Kredit UMKM Bisa Jaga Pertumbuhan Ekonomi RI

Selengkapnya →