Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Partai Politik

Oleh   /   Kamis 1 September 2011  /   Tidak ada komentar

Buku ini merupakan sebuah modul pelatihan. Tata kelola pendanaan partai yang baik bukankah satu hal yang mustahil dilakukan. Faktor eksternalitas serta kompleksitas demokrasi.

keuangan LSM

Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Partai Politik

Penulis: Rezki Sri Wibowo, Vidya Dyasanti, Teguh Setiono, Arif Nur Alam, Ibrahim Fahmi Zuhdi Badoh, Tarko Sunaryo, Endang Kartiningtyas.
Penerbit: Transparency International Indonesia.

Buku ini merupakan sebuah modul pelatihan. Tata kelola pendanaan partai yang baik bukankah satu hal yang mustahil dilakukan. Faktor eksternalitas serta kompleksitas demokrasi semestinya bukanlah penghalang untuk perbaikan.

Untuk memulainya beberapa langkah dapat dilakukan yang tentunya harus dilaksanakan dengan konsisten. Sebagai alat fasilitasi diskusi bagaimana tata kelola keuangan dapat diimplementasikan, dua modul dikembangkan dengan dua target utama yakni jurnalis dan partai politik sebagai agen perubahan.

Modul pertama bertujuan sebagai media fasilitasi dan diskusi bagaimana kalangan jurnalisme dapat berperan aktif dalam melakukan pengawasan. Tujuan utama yang hendak dicapai oleh modul ini adalah kesadaran yang berujung kepada kemampuan jurnalis untuk melakukan kegiatan investigatif berhubungan dengan pendanaan partai.

Modul kedua bertujuan sebagai media fasilitasi dengan partai politik sendiri sebagai target utama. Adapun tujuan utama dari modul kedua ini adalah untuk membangun kesadaran dan kemudian media bantu bagi partai untuk menciptakan tata kelola keuangan yang lebih baik.

Sebagai modul yang bersifat teknis, modul pelatihan bagi partai terstruktur dalam dua bagian. Bagian pertama, terbagi dalam empat bab yang mengulas dan mengenalkan regulasi dan aturan seputar pendanaan partai. Tujuan utama dari bagian ini sebagai proses peningkatan kesadaran tentang persoalan pendanaan partai ditinjau dari aspek konseptual dan formal legal dengan fokus kepada pengambil keputusan dan kebijakan di dalam partai.

Bagian kedua mengulas dan mendiskusikan aplikasi keuangan pendanaan partai yang terbagi dalam bab-bab yang bersinggungan dengan masalah akuntansi dan pelaporan keuangan partai. Bagian kedua modul akan berfungsi pula sebagai pedoman fasilitasi serta latihan untuk memperkenalkan serta mendiskusikan format pelaporan serta pengembangan format tersebut sesuai dengan konteks spesifik di dalam partai sendiri. Fokus target dari bagian ini adalah tenaga pelaksana yang langsung berhubungan dengan kegiatan pelaporan dan pencatatan keuangan partai politik.

Akhirnya, serangkaian proses uji telah dilakukan untuk mengawal substansi serta konsistensi modul. Metode Focus Group Discussion yang melibatkan beberapa elemen stakeholder dilaksanakan untuk menyamakan modul dengan konteks kekinian, regulasi dan tata cara politik yang berlaku. Harapan kami adalah modul ini dapat menjadi sebuah alat untuk perubahan yang dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk perbaikan kualitas demokrasi dan pada akhirnya kesejahteraan publik di negeri yang kita cintai ini.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →