Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Uji Lapangan Draft Final SOP

Oleh   /   Rabu 26 November 2014  /   Tidak ada komentar

Draft final dokumen SOP akan diuji coba untuk diaplikasikan di seluruh jajaran operasional perusahaan. Dalam pelaksanaan uji lapangan, yang berperan sebagai pengawas uji lapangan adalah Kepala Kelompok Kerja SOP.

keuanganLSM

Uji Lapangan Draft Final SOP

Proses uji lapangan draft SOP ini merupakan kelanjutan dari Sub-Bab 3a. Jadi dalam hal ini, draft final dokumen SOP akan diuji coba untuk diaplikasikan di seluruh jajaran operasional perusahaan. Dalam pelaksanaan uji lapangan, yang berperan sebagai pengawas uji lapangan adalah Kepala Kelompok Kerja SOP.

Sementara itu, penanggung jawab uji lapangan adalah Manajer dari setiap departemen. Berdasarkan draft final dokumen SOP yang akan diuji, seluruh Manajer pada masing-masing departemen melaksanakan tahapan-tahapan sebagai berikut:

  • Membuat copy dari semua prosedur yang ada di dalarn draft final SOP tersebut.
  • Masing-masing copy prosedur dibagikan kepada masing-masing Kepala Bagian, sesuai prosedur yang ditangani dan menjadi tanggung jawab Kepala Bagian.
  • Para Kepala Bagian melakukan cross check pelaksanaan prosedur, dimana prosedur yang tertulis pada draft final SOP perlu dicocokkan dan disinkronkan dengan prosedur yang selama ini telah dijalankan dalam praktik kerja di lapangan.
  • Para Kepala Bagian mencatat semua permasalahan yang timbul pada formulir “Laporan Permasalahan”; sekaligus mencatat saran-saran perbaikan, jika ada.
  • Rapat ‘Evaluasi Bagian’ dipimpin masing-masing Kepala Bagian setiap Kamis. Hasilnya dibawa ke dalam rapat ‘Evaluasi Departemen’ setiap Jumat.
  • Rapat ‘Evaluasi Departemen’ dipimpin oleh Manajer masing-masing Departemen, diselenggarakan setiap Jumat. Dalam rapat ini diadakan evaluasi atas jalannya operasional produksi dengan adanya pengaplikasian draft final SOP; dimana para Kepala Bagian menyerahkan formulir “Laporan Permasalahan” yang berisi permasalahan yang terjadi di lapangan selama satu minggu beroperasi. Selain itu, diadakan penilaian mingguan atas draft final SOP yang sedang uji lapangan, dengan mengisi formulir “Penilaian Dokumen SOP” oleh setiap Kepala Bagian dan disahkan oleh Manajer masing-masing.
  • Rapat ‘Evaluasi Direktorat’ dipimpin oleh Kepala Kelompok Kerja, dihadiri oleh seluruh Manajer. Diadakan setiap Senin minggu kedua (tengah bulan) dan setiap Senin minggu keempat (akhir bulan).

Contoh formulir “Laporan Permasalahan” dan formulir “Penilaian Dokumen SOP” dapat dilihat pada halaman berikut. Dapat pula dicatat bahwa bentuk formulir-formulir tersebut tentu saja dapat dimodifikasi serta dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan perusahaan, organisasi, ataupun lembaga masing-masing.

10-23-2014 12-36-04 PM

10-23-2014 12-36-40 PM

Disarikan dari buku: Panduan Praktis Menyusun SOP, Penulis: Ir. M. Budihardjo, Hal: 48-51.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Pelaporan Keuangan Harus Mampu Menyediakan Informasi

Selengkapnya →